Metro Kendari

BNNP Sultra Sosialisasikan Bahaya Narkoba pada Santri Ponpes Tahfizul Quran Barakati

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Peredaran narkotika dan obat-obatan berbahaya (Narkoba) di Sulawesi Tenggara (Sultra) kian tak terbendung. Kasus demi kasus terus diungkap para aparat kepolisian maupun Badan Narkotika Nasional (BNN).

Kasus yang diungkap polisi dan BNN, tak sedikit dari mereka masih berumur remaja, namun sudah berani menggunakan barang haram itu. Tanpa disadari, Narkoba yang dikonsumsi itu telah merusak diri mereka, baik dari sisi kesehatan maupun sosial.

Berangkat dari situ, BNN Provinsi Sultra mengadakan kegiatan Insert Konten atau sosialisasi mengenai bahaya Narkoba kepada Santri dan Santriwati pondok pesantren (Ponpes) Tahfizul Quran Barakati bertempat di Kelurahan Anggoeya, Kota Kendari, Kamis (21/1/2021).

Dalam rilisnya, Penyuluh Narkoba BNNP Sultra M. Syarif, SKM.,M.Kes mengatakan kegiatan sosialiasi ini mengangkat tema
“Santri/Santriwati Emas Tanpa Narkoba”.

Dijelaskannya, dalam penyuluhan tersebut ia membawahkan materi perihal jenis-jenis narkotika dan jenis-jenis permen narkotika, lalu jenis psikotropika dan bahan adiktif lainnya.

Kemudian penjelasan terkait efek Narkoba dan tiga sifat buruk pada Narkoba, faktor remaja menggunakan Narkoba, dampak penyalahgunaan Narkoba baik terhadap fisik maupun sosial.

Materi dampak penyalahgunaan Narkoba bagi kesehatan dan terhadap keamanan,  ancaman hukuman bagi penyalahguna narkoba dan akhir dari penyalahgunaan Narkoba.

“Kegiatan ini bertujuan gar Santri/Santriwati Ponpes Tahfizul Quran Barakati bisa menjadi imun. Sehingga Mampu memproteksi dirinya dalam mencegah bahaya narkoba dan mampu menerapkan pola hidup sehat,” ujar dia.

“Selain itu tujuan lainnya, supaya Santri/Santriwati mendapatkan informasi tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba serta bagaimana pencegahannya, kepada teman, keluarga dan lingkungan masyarakat yang ada disekitarnya,” jelas Syarif.

Ditempat yang sama, Ketua Ponpes Tahfizul Quran Barakati H. La Ode Safiudin
mengucapkan terima kasih kepada BNNP Sultra telah bersedia untuk memberikan sosialisasi tentang bahaya Narkoba kepada Santri/Santriwati.

“Semoga materi yang dibawahkan oleh BNNP Sultra, dapat bermanfaat dalam pencegahan atau peredaran Narkoba dilingkungan masyarakat,” tukasnya.

Reporter: Sunarto

Editor : Vhia

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button