Metro Kendari

BNNP Sultra Raker Bentuk Desa Kelurahan Bersinar di Kolaka

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Badan Narkotika Nasional Povinsi (BNNP) Sultra menggelar rapat kerja (raker) bersama stakeholder di Kabupaten Kolaka guna membentuk desa kelurahan bersinar (bersih dari narkoba) di ruang aula Remaja Sport Kolaka, Rabu (17/3/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sultra dengan menerapkan protokol kesehatan yaitu physical distancing, menggunakan masker, hand sanitizer, mengukur suhu dengan termometer infrared yang ketat demi menjaga penularan dan penyebaran Covid-19.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kolaka Safruddin menjelaskan, kondisi laju peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Kolaka sesuai dengan Perda tentang frasilitasi P4GN akan dibahas oleh DPRD di tahun 2021.

“Setiap Kecamatan akan dilaksanakan workshop satuan tugas atau penggiat anti narkoba akan dibentuk di setiap kecamatan sebanyak 50 orang untuk mendukung desa kelurahan bersinar,” jelasnya.

Selain itu, pemaparan materi dari Kooordinator Bidang P2M, Harmawati, tentang Permendagri Nomor 12 tahun 2019 tentang Fasilitasi P4GN merupakan kewajiban gubernur, bupati, wali kota untuk membentuk tim terpadu P4GN.

“Tim terpadu P4GN di tingkat provinsi, kabupaten kota sampai di kecamatan untuk melaksanakan kegiatan P4GN dan menginisiasi untuk membentuk desa kelurahan bersinar,” jelasnya.

Selanjutnya, kegiatan P4GN dan Desa Kelurahan bersinar adalah amanah dari Inpres No 2 Tahun 2020 s.d 2024 yang terdiri dari enam aksi generik dan 26 aksi khusus.

Salah satu aksi khusus adalah membentuk desa kelurahan bersinar yakni memaparkan hasil pemetaan kawasan rawan narkoba di Kabupaten Kolaka sebanyak lima kecamatan dan 11 kelurahan.

Kegiatan raker ini dilanjutkan dengan tes urine dan membentuk satgas atau penggiat anti narkoba dan setiap pertemuan yang dilaksanakan di lingkup desa wajib untuk memasukkan materi P4GN.

“Desa kategori aman dapat dijadikan tempat studi banding desa kelurahan yang ada di Kabupaten Kolaka sebagai desa kelurahan bersinar,” tutupnya.

Kegiatan tersebut, selain dihadiri oleh Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kolaka Safruddin, Kooordinator Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Harmawati, juga dihadiri Sub Koordinator Seksi Dayamas Yuyun Yulianti, serta diikuti oleh 30 peserta  di antaranya dinas kesehatan, dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, badan kesbangpol, dikbud, disperindag, DPMD, BNNK, camat dan lurah se-Kabupaten Kolaka.

Reporter: Sesra
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button