Metro Kendari

BLK Kendari Tutup Dua Paket Pelatihan MTU di Konsel

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari tutup dua paket Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) non institusional atau Mobile Training Unit (MTU) yang dilaksanakan di Kabupaten Konawe Selatan, Rabu (7/4/2021).

Kepala BLK Kendari, Dr La Ode Haji Polondu, menjelaskan dua paket pelatihan yang ditutup diantaranya Filter Structur Paket I di Desa Wolasi, Kecamatan Wolasi, Kabupaten Konawe Selatan, dan Filter Structur Paket II di Kelurahan Lapuko, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan.

Dalam pelaksanaan MTU telah berlangsung sejak 8 Maret lalu dengan jumlah peserta tiap kejuruan sebanyak 16 orang yang berasal dari wilayah tersebut.

“Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan dengan baik selama 25 hari sejak dibuka dan hari ini resmi kami tutup,” ujarnya.

Selain itu, dalam proses pelatihan MTU yang dilakukan di Desa Wolasi dan Kelurahan Lapuko, tidak hanya bermanfaat bagi para peserta pelatihan karena mampu membuat terampil, namun juga berdampak secara sosial, sebab hasil dari proses pelatihannya dimanfaatkan secara umum.

Misalnya pelatihan di Desa Wolasi, hasil karya siswanya berupa pagar dimanfaatkan menjadi pagar masjid yang ada di sana, pelatihan di Desa Lapuko hasil karya siswanya berupa meja dimanfaatkan juga secara umum oleh masyarakat di sana.

“Hal ini, menunjukan bahwa kegiatan MTU memang sangat bermanfaat bagi masyarakat secara umum,” ucapnya.

Orang nomor satu di BLK Kendari ini menjelaskan, MTU merupakan kegiatan yang diselenggarakan BLK Kendari di tiap daerah-daerah di Sultra untuk menciptakan tenaga kerja handal sesuai standar pasar kerja.

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI), menargetkan, untuk mengukur keberhasilan dari setiap alumni BLK Kendari, termasuk membantu para alumni jika mengalami kendala dalam mendapatkan kerja atau membuka usaha secara mandiri dengan harapan dapat meminimalisir angka pengangguran di Sultra.

Selanjutnya, pihaknya tetap akan melakukan pengawasan terhadap para alumni, baik yang mengikuti pelatihan di Kantor BLK Kendari atau melalui pelatihan MTU.

“Sejak mereka (red-alumni pelatihan BLK Kendari) terdaftar sebagai peserta di BLK Kendari maka mereka sudah menjadi bagian dari kami. Jadi, tanggung jawab kami akan terus ada meski mereka sudah menjadi alumni,” ungkapnya.

Dengan begitu, BLK Kendari meminta setiap Kepala Daerah di lokasi pelaksanaan MTU untuk berperan banyak dalam peningkatan kesejahteraan peserta pelatihan dan membukakan peluang usaha sesuai keterampilan yang dimiliki para peserta.

“Alhamdulillah, sudah banyak daerah-daerah tempat pelaksanaan MTU yang kami lakukan, tiap Kepala Daerahnya bersedia membantu para alumni pelatihan untuk mendapatkan kerja,” bebernya.

Diketahui, untuk penutupan kegiatan di Desa Wolasi Kecamatan Wolasi Kabupaten Konawe Selatan diamanatkan kepada Camat Wolasi, Bakri, didampingi Ketua BPD Konsel, Wayba, dan Kepala Desa Wolasi, Mustakim.

Reporter: Sesra
Editor: Via

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button