Metro Kendari

BKSDA Sultra Ikut Berpartisipasi Transplantasi Karang di Pulau Bokori

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM, – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra) ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan transplantasi karang di perairan Pulau Bokori, Kabupaten Konawe, Rabu (9/6/2021).

Kegiatan ini untuk memperingati Coral Triangle Day (CT Day) yang jatuh pada 9 Juni. Di mana Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar bersama stakeholder terkait menginisiasi Coral Stock Center (CSC) Pulau Bokori.

CT Day merupakan kegiatan bersama yang diperingati setiap 9 Juni oleh semua negara anggota CTI yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Timor Timur, Papua Nugini, dan Kepulauan Solomon.

Peringatan CT Day kali ini mengambil tema “Driving Blue Recovery for Sustainable Coral Triangle”.

Kepala BPSPL Makassar, Getreda Melsina Hehanussa menjelaskan, total rak transplantasi yang berhasil diturunkan sebanyak 60, terdiri dari 40 rak pipa PVC, 10 rak besi, dan 10 rak jenis jaring laba-laba.

Untuk tahap awal ini tak kurang dari 1.000 fragmen karang ditransplantasikan.

“CSC Bokori ini dibangun sebagai sumber penyediaan bibit karang untuk kegiatan transplantasi dan rehabilitasi karang di sekitarnya serta sebagai pusat studi dan pembelajaran rehabilitasi terumbu karang sekaligus menjadi objek ekowisata bahari” terang Getreda lebih lanjut melalui keterangan resminya. (Tim DS*)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button