Metro Kendari

Batang Pisang Bisa Jadi Media Bercocok Tanam

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Saat ini banyak masyarakat Kota Kendari gemar bercocok tanam dipekarangan kosong dengan berbagai metode penanaman, baik langsung ditanah, menggunakan rak-rak, polybag, pot atau menggunakan pipa. Metode-metode tersebut dinilai sangat praktis sebab tidak perlu menggunakan lahan yang luas.

Selain menggunakan media-media tersebut, masih banyak media yang dapat digunakan untuk menanam. Cara lain misalnya dengan menggunakan media batang pisang, cara seperti ini dinilai tidak jauh berbeda dengan menggunakan rak-rak maupun polibag.

Pembuatannya juga tidak begitu rumit, yang terpenting masyarakat sudah menyediakan batang pisang sebagai media bercocok tanam.

[artikel number=3 tag=”batang pisang,sayur”]

Seorang warga Kadia, Dasia (49) mengaku, belum pernah menggunkan metode seperti itu. Selama ini dia bercocok tanam dengan menanam langsung di tanah tanpa ada media, seperti polibag, pot atau sejenisnya.

“Pakai pohon pisang belum pernah, biasanya langsung saja di tanah yang sudah dibersihkan baru ditanamkan atau tancapkan batang sayuran,” ujarnya pada detiksultra Sabtu (27/7/2019).

Sebenarnya, cara bercocok tanam dengan media ini sama seperti media yang lainnya. Dikutip lumbung Nuswantara, sebagai media tanam, batang pohon pisang dapat digunakan untuk berkebun sayur. Caranya pun cukup mudah:

Buat penyangga kayu untuk menahan batang pisang yang akan ditempatkan horizontal sehingga tidak menggelinding dan stabil.

Selanjutnya buat lubang lubang ke dalam batang pisang dan buat dengan bentuk mineral piala dengan ukuran besar kira-kira lebar 15 cm dan 10 cm dengan menggunakan pisau.

Jarak antara lubang antara 15-20 cm. Satu batang pisang dapat dibuat 2 jalur lubang.

Setelah lubang tersebut siap, isi lubang tersebut dengan tanah dan kompos (sampah organik), tambahkan sedikit pasir dan kascing jika ada, ke dalam lubang batang pisang sebagai media tanam.

Diamkan selama 2-3 hari sebelum ditanami benih sayuran. Setelah itu tanam sayuran ke dalam lubang yang sesuai dengan kehendak Anda.

Model pengolahan seperti ini sama dengan langkah-langkah berkebun dengan menggunakan media bambu atau pipa atau botol plastik. Satu batang pohon pisang dapat digunakan 2-3 kali panen sayuran, tergantung pada kondisi batang pisang dan jenis tanaman sayurannya tersebut.

Reporter: Musdar
Editor: Sumarlin

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button