Metro Kendari

Basarnas Kendari Gelar Bimtek Pembinaan Dasar Pertolongan Pertama

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Kendari, Sulawesi Tenggara menggelar kegiatan bimtek pembinaan dasar pertolongan pertama bagi potensi pencarian dan pertolongan tahun anggaran 2021.

Kegiatan ini berlangsung di Kantor Basarnas Kendari pada Senin 22 Maret hingga 24 Maret 2021. Sebanyak 30 peserta berasal dari Karang Taruna Sipammase-mase, Karang Taruna Bajo, Karang Taruna Beringin Indah, Karang Taruna Watu Bangga, AMPG Kota Kendari, SAR Hidayatullah, dan Gudep AJS mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan bimtek dibuka langsung oleh Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi dan dihadiri BPBD Kota Kendari, Danramil Ranomeeto, Kapolsek Baruga, Camat Baruga, Lurah Baruga dan staf ahli anggota DPR-RI.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi menjelaskan, kegiatan ini bertujuan memberikan keterampilan pencarian dan pertolongan kepada para peserta.

“Yang pertama pada korban kecelakaan dengan sasaran peserta mengetahui tentang substansi Basarnas, dan mampu melakukan tindakan sebagai penolong pertama pada kasus gawat darurat tingkat dasar pada kecelakaan,“ ungkapnya

Aris Sofingi mengimbau kepada seluruh peserta agar memiliki pengetahuan dan mampu menjelaskan pedoman pertolongan pertama.

“Para peserta juga diharuskan memiliki pengetahuan tentang peralatan pertolongan pertama serta memiliki pengetahuan dan kemampuan tentang penanganan pertama pada korban kecelakaan,“ jelasnya.

Aris Sofingi berharap melalui bimbingan teknik pertolongan pertama bagi potensi pencarian dan pertolongan ini dapat menghasilkan output yang memiliki kompetensi nyata dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Serta memiliki semangat kemanusiaan untuk memberikan pelayanan jasa di bidang SAR seoptimal mungkin,“ ucapnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini berlangsung dengan tetap memperhatikan standar pencegahan penyebaran Covid-19, dan sudah mendapat rekomendasi dari gugus tugas serta telah melakukan tes swab antigen untuk seluruh peserta, instruktur, dan panitia yang terlibat dalam kegiatan ini.

 

Reporter: Erik Lerihardika
Editor :J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button