iklan


iklan
Metro Kendari

Atasi Banjir, Pemkot Kendari akan Bangun Kolam Retensi Skala Kecil di Hulu Kali Kadia

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM– Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari akan membangun kolam retensi skala kecil di kawasan hulu kali Kadia.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, pembangunan kolam retensi skala kecil tersebut untuk menangani masalah banjir di kawasan bantaran Kali Kadia yang sering dialami warga sekitar saat musim hujan.

Dia mengatakan, pihaknya telah memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Kendari untuk mencari lahan pembangunan kolam retensi tersebut.

“Kali Kadia yang sudah ditangani itu di kawasan depan Hotel Plaza In sampai di ujung dekat kantor pajak, sementara pembenahan, kami mulainya dari hilir, nanti kolam retensi kita akan bangun di bagian hulu,” ujar Sulkarnain di Kelurahan Pondambea, Jumat (12/8/2022).

Dirinya mengungkapkan, pembangunan tersebut termotivasi dari pembangunan kolam retensi Boulevard yang ada di jalan Boulevard. Dengan adanya kolam retensi tersebut bisa mengatasi banjir yang sering terjadi di Sungai Wanggu.

Oleh karena itu, dirinya juga berupaya mengatasi banjir yang terjadi di Kali Kadia, dengan membuat kolam retensi skala kecil. Terlebih dahulu minimal satu hektare lahan yang akan dibebaskan.

“Untuk saat ini satu hektare dulu, kalau bisa lebih dari itu lebih bagus lagi,” katanya.

Dia menambahkan, untuk penempatan kolam retensi tersebut akan dicari wilayah hulu yang sedikit ke atas, agar jika bersamaan dengan pasangnya air laut di Teluk Kendari bisa ditampung dulu di kolam retensi sehingga kawasan tersebut bisa bebas banjir. (bds)

Reporter: Zubair
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button