iklan
Metro Kendari

Asmawa Tosepu Dilantik sebagai Apuno Mokoleno Kota Kendari

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu dilantik sebagai Apuno Mokoleno Kota Kendari atau Sesepuh Kota Kendari oleh Lembaga Adat Tolaki (LAT) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), di Rumah Jabatan Wali Kota Kendari, Kamis (10/11/2022).

Sebelum dilantik, Asmawa Tosepu menerima Tolea Pabitara dari LAT untuk meminta izin kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari atau Mombesara Wonua untuk melaksanakan prosesi adat.

Setelah menerima Tolea Pabitara, Asmawa Tosepu mengatakan, menerima “Osara” atau aturan-aturan adat, mudah-mudah Tuhan selalu memperhatikan semua.

“Kuterima ito osara, pokolako keitoto ino peowaiha, mudah mudahan Ombu hata’ala, lalaingi humurapekeito, waraka mendido a, mokora, ato tulei wawosaukei wonua inono lipu ikandari, iye ingomiu,” ucapnya.

Arti dari ucapan tersebut yakni “Saya meneriman ini osara, kasih sampaikan mi kita ini perbuatan baik, mudah-mudahan Allah SWT, masih mengharapkan kita sehat, kuat, supaya kita bisa bangun daerah Kendari, iya kalian,” ucapnya.

Selanjutnya Asmawa Tosepu menerima Pombesau’a Songgo Sorume atau pengukuhan dan wejangan dari Lembaga Adat Tolaki dan menerima Petiari’a Ta’awu Wonua Ikandari atau penyerahan pusaka Tolaki Kota Kendari.

Usai dikukuhkan, Pj wali kota mengucapkan apresiasinya kepada DPP LAT dan DPD LAT Kota Kendari yang telah memberikan tanggung jawab yang besar untuk mewujudkan Kota Kendari sebagai ibu kota provinsi.

“Tanggung jawab ini Insyaallah akan kami laksanakan, sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas pemberiannya, kalau bahasa daerahnya Ulu Sala Wonu’a atau pemimpin negeri di Kota Kendari ini,” ucapnya.

Dirinya berharap, semua elemen dapat menjaga kondusifitas, kerukunan, jaga situasi Kota Kendari ini, sehingga program yang telah dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan optimal. (bds)

 

Reporter: Zubair
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button