Metro Kendari

Ali Mazi Perjuangkan Daerah Kepulauan melalui WGD di Jakarta

PLAY

KENDARI, DETIKSUTRA.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, menghadiri Working Grup Discussion (WGD) daerah kepulauan di Jakarta, Kamis (1/12/2022). Dalam sambutanya, Ali Mazi mengatakan, forum diskusi ilmiah ini untuk mendorong keterlibatan berbagai pihak sebagai wujud konsistensinya membantu perjuangan provinsi kepulauan. Memperjuangkan kepentingan rakyat Indonesia yang ada di daerah kepulauan, wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, serta pulau terluar di republik ini.

Sebagaimana diketahui bahwa RUU Daerah Kepulauan sudah beberapa kali masuk dalam prolegnas prioritas DPR RI, namun hingga hari ini belum juga dibahas dan disahkan.

“Saya mewakili masyarakat dan pemerintah daerah provinsi kepulauan, kembali menegaskan bahwa niat ikhlas dan kesungguhan perjuangan kami mendorong lahirnya undang-undang daerah kepulauan, bukan untuk menjadikan provinsi yang berciri kepulauan menjadi daerah otonomi khusus,” paparnya saat memberikan sambutan.

Seperti yang diberikan kepada Provinsi Aceh, Papua dan Papua Barat, tetapi semata-mata untuk mendapatkan perlakuan adil dari negara. Menghilangkan kesenjangan yang selama ini dirasakan oleh masyarakat dan pemerintah daerah di wilayah kepulauan melalui kebijakan pemerataaan pembangunan yang secara nyata berpihak pada masyarakat daerah kepulauan, dan untuk membantu negara dalam memenuhi kewajibannya yang diamanatkan oleh konstitusi, yakni mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Untuk diketahui, WGD daerah Kepulauan ini dihadiri Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono, Wakil Ketua Komite I DPD RI, Filep Wamafwa, Anggota DPR RI, Mardani Ali Sera, Dirjen Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri RI, Agus Fatoni. (cds)

 

Reporter: Betyrudin
Editor: Wulan Subagiantoro

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button