Categories: Kampus

Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UHO Target Akreditasi Unggul

Share
Dengarkan

KENDARI,DETIKSULTRA.COM – Universitas Halu Oleo (UHO) terus meningkatkan akreditasinya. Tidak hanya secara kelembagaan tetapi juga disusul dengan peningkatan akreditasi Program Studi (Prodi). Seperti Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Haluoleo (Fisip) yang saat ini telah mengusulkan dokumen akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Koordinator Prodi Ilmu Komunikasi Fisip UHO, Harnina Ridwan mengatakan, masa akreditasi ilmu komunikasi telah berakhir. Saat ini pihaknya sedang mengusulkan akreditasi baru di BAN-PT.

“Sampai Maret 2024 ini masa akreditasi A akan berakhir, jadi sekarang kita sedang mengusul akreditasi baru di BAN-PT dan kami menargetkan akreditasi unggul,” ujarnya belum lama ini.

Ia menuturkan, untuk mencapai akreditasi unggul diperlukan beberapa persyaratan yakni data visi-misi, sarana dan prasarana, kegiatan penelitian dan pengabdian dosen, kegiatan penelitian dan pengabdian mahasiswa, sumber daya manusia (SDM), kurikulum serta data alumni yang diterima di dunia kerja.

“Ada sembilan indikator yang kita diukur untuk mencapai akreditasi unggul, dari sembilan itu yang paling mempengaruhi akreditasi itu adalah alumni. Sejauh mana alumni bisa bermanfaat kepada masyarakat mendapat nilai plus,” ungkapnya.

Agar mencapai target, harus memenuhi beberapa persyaratan yang sudah ditentukan BAN-PT yakni pengisian tracer studi, SDM bergelar doktor dan profesor, keberimbangan tenaga pengajar dengan mahasiswa dan sarana prasarana serta alumni yang diserap di dunia kerja.

“Sumber daya ini maksudnya sudah banyak bergelar doktor dan tracer studinya mencapai 60 persen alumni dan dua alumni terakhir diwisuda harus sudah bekerja, tenaga pengajar yang seimbang dengan mahasiswa, sarana prasarana yang memadai,” pungkasnya. (bds)

 

Reporter: Septiana Syam
Editor: Wulan

Komentar