Kampus

Ada Beasiswa Berprestasi dan Gakin untuk Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Kendari

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Bagi mahasiswa atau calon mahasiswa yang hendak berkuliah di Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Kendari, ada beasiswa berprestasi dan beasiswa keluarga miskin (gakin) yang bisa Anda coba dapatkan.

Di kampus kesehatan ini sendiri empat jurusan yang bisa dipilih, yakni keperawatan, kebidanan, gizi, dan teknologi laboratorium medik.

Wakil Direktur III Poltekkes Kemenkes Kendari Muhaimin Saranani mengatakan, program beasiswa berprestasi dan keluarga miskin itu telah lama berjalan. Mahasiswa yang mendapat beasiswa tersebut dijamin telah memenuhi syarat yang ditentukan.

“Untuk beasiswa berprestasi kami menentukan dari nilai IPK mahasiswa yang paling tinggi. Itu yang dikasih bantuan. Disaring setiap jurusan ada tiga orang,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (2/4/2024).

Muhaimin Saranani mengungkapkan, mahasiswa menerima bantuan beasiswa berprestasi sejak semester 1 setelah nilai semester ada. Besaran beasiswanya disesuaikan dengan SPP, yakni untuk jurusan keperawatan senilai Rp3,2 juta per semester, sedangkan jurusan gizi Rp2,9 juta per semester.

“Mereka terima itu sampai semester akhir. Bisa diputuskan beasiswanya ketika IPK-nya turun atau tidak masuk tiga besar yang paling tertinggi. Menyesuaikan dengan IPK yang paling tertinggi. Harapannya setiap mahasiswa selalu meningkatkan prestasinya di bidang akademik,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk sistem pembayaran beasiswa berprestasi tersebut ditransfer langsung ke rekening mahasiswa.

Sementara untuk penerima beasiswa gakin atau kurang mampu, syaratnya harus ada surat keterangan dari kelurahan, dan juga mengirimkan rekening listrik minimal 900 watt, termasuk foto rumah dan mahasiswa tersebut masih aktif kuliah.

“Mahasiswa terima sejak semester 1 setelah ada nilai. Untuk besarannya sesuai dengan SPP, sama dengan beasiswa berprestasi. Sistem penerimaannya langsung di kirim ke rekening masing- masing mahasiswa,” ujarnya. (cds)

 

Reporter: Ronas
Editor: Biyan

Baca Juga

One Comment

  1. Assalamualaikum wr.wb perkenalkan nama saya Ningsih alis prida saya mengambil jurusan teknologi laboratorium medis Dlll dan ingin mengikuti program beasiswa berprestasi dan beasiswa keluarga miskin(gakin) dengan mengikuti program ini saya bisa mengurangi beban ke dua orang tua saya terima kasih🙏🏻

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button