Hukum

Seorang Nelayan Asal Busel Hilang Saat Melaut di Pulau Bahari

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Seorang nelayan bernama La Ode Saharuddin (37) dikabarkan hilang saat melaut di sekitar Pulau Bahari, Desa Bahari, Buton Selatan (Busel).

Kepala Basarnas Kendari, Arif Sofingi mengatakan, pihaknya mendapat informasi perihal kabar hilangnya nelayan asal Busel itu dari salah satu keluarga korban.

“Kami baru mendapat informasi dari bapak Randi soal hilangnya korban saat melaut di sekitar Pulau Bahari,” kata dia dalam rilis yang diterima Detiksultra.com, Rabu (12/5/2021).

Berdasarkan kronologis yang diterima, Arif Sofingi menjelaskan bahwa pada Selasa, 11 Mei 2021 sekitar pukul 04.50 WITA, korban turun melaut menggunakan perahu katintingnya tanpa membawa handphone.

Lebih lanjut, kata Sofingi, biasanya korban akan pulang melaut sekitar pukul 11.00 WITS namun sampai saat ini korban belum kembali.

Diperkirakan lokasi korban mencari ikan ±13 mil dari pantai Desa Bahari. Telah dilakukan pencarian dari salah satu rekan korban, tetapi hingga saat ini korban belum ditemukan.

“Hingga informasi ini diterima dengan hasil nihil,” katanya.

Dari laporan itu, Basarnas Kendari mengirim Tim Rescue Pos SAR Baubau, yang diberangkatkan menuju LKK dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR.

RIB adalah perkembangan evolusioner dari perahu karet dengan dasar kain karet yang diperkuat dengan papan datar di dalam kerah untuk membentuk geladak atau lantai kapal.

Adapun jarak LKK dengan Pos SAR Baubau sekitar 24 NM arah tenggara. Sebelumnya pihak Basarnas kendari juga telah memapelkan kepada kapal-kapal yang melintas di sekitar LKK, untuk memberikan bantuan SAR apabila menemukan keberadaan kapal dan korban tersebut.

“Saat ini tim sedang dalam proses pencarian korban,” tukasnya. (bds*)

 

Reporter: Sunarto
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button