HeadlineHukumMetro Kendari

Hujan Berkepanjangan, Pemukiman dan Jalan Kota Kendari jadi Sungai

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Hujan dengan intensitas sedang yang terjadi dalam beberapa hari terakhir, mulai memberi dampak di wilayah Kota Kendari. Sejak Minggu pagi hingga Senin (25/6/2018) terjadi luapan air dari sungai dan juga sistem pembuangan air dalam kota yang tidak berfungsi baik. Hal ini menyebabkan pemukiman dan sejumlah ruas jalan mendadak menjadi anak sungai yang memutus jalur transportasi.
Meski banjir merupakan musibah rutin saat musim hujan, kondisi ini belum sepenuhnya mendapat solusi penanganan, seperti kawasan sungai Wanggu Lepolepo dan sekitaran Pasar Andonuhu. Lokasi ini merupakan langganan banjir setiap tahunnya.
Senin siang, luapan banjir ini semakin meluas. Ruas jalan dua jalur di sekitaran Pasar Andonuhu mendadak menjadi sungai. Seluruh badan jalan dipenuhi air hingga memutus jalur transportasi warga sekitar. Luapan ini tampak di sekitaran toko HBM.
Kondisi ini juga terjadi di sekitaran Jalan H Lamuse Lepolepo, Baruga. Puluhan rumah warga yang bermukim di bantaran Sungai Wanggu, kini tergenang air luapan banjir hingga setinggi dada orang dewasa. Tim penanggulangan bencana pun telah membentuk posko evaluasi bagi warga terdampak di sekitar Sungai Wanggu.
Sementara itu hingga Senin sore, Dinas Sosial Kota Kendari mencatat, sedikitnya 200 lebih rumah warga terdampak. Puluhan diantaranya terdampak parah, karena berada paling dekat dengan bantaran sungai dan juga genangan air.
Senin pagi, Plt Wali Kota Kendari datang di lokasi banjir. Orang nomor satu di Kota Kendari ini tampak berkunjung bersama anggota DPRD.
Reporter: Ekho
Editor: Ann

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button