HeadlineHukum

Angkot Terbakar Usai Isi BBM di SPBU Anggoeya

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kebakaran hebat terjadi di dalam area Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Anggoeya, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) Sabtu pagi (17/4/2021).

Peristiwa terjadi sekitar jam 9 pagi, sumber api dari sebuah mobil angkutan umum (angkot) yang terbakar akibat dugaan mengalami korsleting.

Kapolsek Poasia, Kompol Slamet Budiyono mengatakan, mobil angkot trayek Anduonohu-Pasar Baru itu diduga mengalami korsleting listrik sehingga memunculkan percikan api dan terbakar.

“Mobil angkot jenis Suzuki Futura bernomor polisi DT 1642 UE milik Samsir (50) ini terbakar usai melakukan pengisian bahan jenis Pertalite Bersubsidi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, menurut keterangan saksi-saksi di lapangan angkot tersebut mengisi BBM kurang lebih 20 liter. Kemudian setelah mengisi, supir kemudian menghidupkan kendaraanya, terjadilah korsleting listri yang ditandai dengan percikan api di karburator dan meledaknya mesin.

Dijelaskannya, mobil angkot yang terbakar nyaris ikut membakar SPBU, untungnya langsung didorong keluar oleh karyawan dan warga yang sedang mengantre BBM, dan dilakukan pemadaman dengan menggunakan APAR dan dibantu oleh mobil yang memuat air tandon yang kebetulan melintas.

Ia juga memastikan bahwa mobil angkot ini mengisi BBM dalam volume yang wajar dan tak menemukan adanya indikasi kecurangan.

“Ia mengisi dalam jumlah yang wajar karena kapasitas tangki penuhnya adalah 40 liter. Tangki yang digunakan pun bukan tangki rakitan,” ucapnya.

Tak ada korban jiwa dalam musibah ini. Pemilik mobil juga telah mengevakuasi kendaraannya yang berlokasi di depan SMA Negeri 2 Kendari.

“Untuk jumlah kerugian sekitar Rp25 juta,” tutupnya.

Reporter: Erik Lerihardika
Editor: Via

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button