Ekobis

Meski Diminati Daerah Lain, Ketersediaan Sagu di Kendari Aman

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dinas Pangan Kota Kendari, Ida Haerati, mengatakan, produksi sagu basah maupun sagu bentuk tepung dari berbagai kabupaten di Sulawesi Tenggara, termasuk di Kota Kendari cukup diminati pasar daerah lain, salah satunya dari Surabaya.

Menurutnya, walaupun sagu diminati dan dibeli oleh pasar daerah-daerah lain, tetapi pemenuhan kebutuhan sagu masyarakat Kendari tetap tersedia.

“Berdasarkan pemantauan kami, ketersediaan sagu di Kendari cukup aman, hanya saja kadang-kadang ketersediaannya berkurang kalau sudah masuk perusahaan dari Surabaya yang membeli sagu dalam jumlah banyak,” katanya.

[artikel number=3 tag=”ekspor,kendari”]

Perusahaan yang datang dari Surabaya tersebut mengolah sagu menjadi bahan makanan siap saji, di antaranya adalah bihun atau laksa. Sedangkan bihun ini juga merupakan makanan yang banyak diminati oleh masyarakat di penjuru Indonesia.

“Meski produksi sagu kita sering dikirim hingga berkontainer-kontainer, tapi sejauh ini ketersediaan sagu masih cukup,” lanjutnya.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button