Categories: Ekobis

Kopdar Diskusi Starategi Bisnis Generasi Milenial.

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA, COM – Lembayung Putra-putri Sulawesi Tenggara (Lentera) bersama pengusaha Aksan Jaya Putra menggelar diskusi dan Kopi Darat (Kopdar) tentang dunia bisnis bagi kalangan generasi milenial, Sabtu (16/2/2019) malam.

Diskusi Kopdar ini diinisiasi oleh Lentera guna memotivasi kaum milenial untuk lebih banyak mengenal dunia usaha.

Ketua Gabungan Pengusaha Kontraktor Nasional (Gapeknas) Kendari Aksan Jaya Putra, yang juga sebagai CEO Tolakindo Group, dalam diskusi kopdar tersebut membagi pengalamannya dalam dunia bisnis untuk memberikan edukasi dan motivasi dikalangan generasi milenial tentang dunia wirausaha.

[artikel number=3 tag=”bisnis,ekonomi,usaha,” ]

Lulusan Bachelor Bussines, Central Queensland University Sydney Australia Tahun 2003 ini mengatakan, generasi milenial harus berani mencoba walaupun memulainya dari usaha kecil, karena hal itu salah satu jalan menuju kesuksesan diusia muda.

Dalam dunia bisnis dibutuhkan kerja keras dan tekad yang kuat. Sudah banyak bidang usaha yang bisa dicoba salah satunya kuliner dan bisnis yang berhasil tentu saja tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.

“Perlu ada kemauan kuat dan generasi milenial telah memiliki kemampuan mengembangkan ide dan kreatifitas dalam dunia bisnis, hal itu adalah modal awal meskipun minim pengalaman,” ungkap Direktur Utama PT. Tolakindo Mining Resource ini.

Ia juga mengingatkan generasi milenial harus mampu mengangkat nilai-nilai budaya kearifan lokal dalam dunia bisnis. Generasi milenial tetap harus menjadikan teknologi sebagai kebutuhan penting namun hal itu tidak selalu menjadi patokan dalam dunia bisnis.

“Nilai-nilai kearifan lokal harus kita tingkatkan dalam berbisnis dan dengan kemajuan Teknologi yang pesat ini, tetap kita perlukan tetapi hal itu tidak selalu menjadi patokan,” imbuhnya.

Selain itu Aksan juga memberikan solusi terkait minimnya lapangan pekerjaan, yang saat ini menjadi polemik bagi kaum milenial.

“Terkait dengan lapangan pekerjaan adalah tanggung jawab pemerintah, sejak lima tahun terakhir generasi muda dinilai sudah susah cari kerja, tetapi di sisi lain, saat ini pemerintah juga telah memberi banyak kemudahan, seperti UMKM melalui dana KUR, yang dapat dikelola dengan baik. Dengan bunga yang rendah, maka berbisnis adalah solusi minimnya lapangan kerja bagi kaum milenial saat ini,” kata Direktur Utama PT. Aksan Jaya Group.

Melalui bisnis, Generasi milenial akan memberi pengaruh besar terhadap pembangunan daerah.

“Salah satu kendala pembangunan daerah adalah minimnya anak muda yang terjun ke dunia bisnis, pasalnya hal itu memberi pengaruh besar terhadap pembangunan daerah,” jelasnya.

Di tempat yang sama Ketua Umum Lentera, Muhammad Maulana Ali Syahputra, menungkapkan Diskusi dan Kopdar ini sangat memberi pengetahuan bagi generasi milenial, dan kegiatan ini telah menjadi progres bagi komunitas Lentera.

“Di era ekonomi 4.0 ini tentunya mencari lapangan pekerjaan agak susah, jadi diperlukan pengetahuan-pengatahuan tentang bisnis, melalui kegiatan ini generasi milenial akan termotivasi dari pengusaha sukses seperti bapak Aksan Jaya yang telah membagi pengalamannya kepada generasi milenial agar mulai belajar tentang dunia bisnis,” tutupnya.

Reporter : M17
Editor: Dahlan

Komentar