EkobisMetro KendariRamadhan

Jelang Mudik Lebaran, Syahbandar Periksa Kapal di Pelabuhan Kendari

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Menghadapi arus mudik lebaran, pihak Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kota Kendari melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah kapal yang akan digunakan untuk mudik lebaran.

Kegiatan ini dilakukan bersama kepolisian, TNI Angkatan Laut, Basarnas, dan Pelindo, pada Kamis (31/5/2018).

Dalam pemeriksaan yang digelar di Pelabuhan Nusantara, petugas fokus pada pemeriksaan alat keselamatan dan jumlah penumpang.

“Fokus pada alat keselamatan berupa jaket pelampung dan mengecek jumlah penumpang yang dipastikan tidak akan melebihi kapasitas kapal yang berangkat,” ungkap Kepala Syahbandar Kota Kendari, M. Israyadi.

Salah satu kapal kayu yang hendak bertolak dari Kota Kendari menuju Pulau Wakatobi, tidak luput dari sasaran pemeriksaan. Setelah dilakukan pemeriksaan ada terdapat puluhan penumpang yang sudah melakukan mudik lebih awal.

“Hal itu diakibatkan karena seringnya terjadi lonjakan penumpang jelang lebaran nanti,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan untuk mencegah adanya kapal-kapal nakal yang biasa mengangkut penumpang melebihi kapasitas.

“Kami mengimbau kepada seluruh satuan tugas untuk menindak tegas jika menemukan adanya calo yang menjual tiket tanpa melewati loket,” imbuhnya.

Sementara itu, dari data Syahbandar Kota Kendari, terdapat 32 kapal yang akan disiapkan untuk mengangkut para pemudik nantinya. Namun jika kondisi penumpang membludak maka pihaknya akan menambah armada yang telah dicadangkan.

Reporter: Ahmad Sadikin
Editor: Ann

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button