EkobisMetro KendariPolitik

Hugua: Mete Lombe Kelas wahid

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Lombe merupakan sebuah daerah di Kabupaten Buton Tengah yang terkenal dengan metenya. Saat mengunjungi Kabupaten Buton Tengah beberapa waktu lalu, calon Wakil Gubernur Sultra nomor urut 2, Hugua ,menyempatkan waktunya melihat warga Lombe yang mengolah biji mete.
Ia merasa penasaran untuk melihat langsung pengolahan mete. Sebab selama ini, ia hanya mengkonsumsinya tanpa mengetahui prosesnya.
“Menurut saya memang kualitas mete Lombe nomor wahid di Indonesia, jadi mete yang selama ini kita makan, dan diekspor kemana-mana sudah dari sini asalnya,” kata mantan Bupati Wakatobi ini.
Salah seorang warga yang mengolah mete, Wa Sulia, mengaku, sebelum dikemas dan dijual keluar Lombe, bahan baku akan melalui beberapa tahapan. Dimulai dari penjemuran, pengupasan cangkang biji, hingga pengupasan kulit ari .
“Sehari kami bisa mengolah jambu mente ini hingga 50 kilogram, itu kami bekerja tiga sampai empat orang. Ada yang membelah, mengeluarkan dari kulit, yang mengupas kulit ari lain lagi,” katanya.
Ia menambahkan, harga jual mete mentah kemasan di pasaran Lombe saat ini mulai dari Rp130 ribu hingga Rp170 ribu per kilogramnya.
Reporter: Ibnu
Editor : Ann

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button