Ekobis

Banjir Tak Pengaruhi Stok Pangan di Pasar Andonohu

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kepala Bidang (Kabid) Distribusi Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari, Sitti Aida menuturkan, stok komoditas pangan di Pasar Andoonohu dipastikan aman.

Meski bencana banjir melanda beberapa daerah penghasil pangan, namun kata dia, pedagang pasar Andoonohu memiliki banyak tempat untuk mendrop komoditas pangan, yang tak terkena dampak banjir.

“Sebab para pedagang ini banyak langganan tertentu tempat ngambil sayurnya, jadi bukan hanya di Duriaasi saja dan Sabulakoa tapi masih ada daerah yang pengasil pangan yang tidak terkena dampak banjir. Jadi tidak ada pengaruhnya ketersedian pangan,” ujarnya via seluler, Minggu (30/6/2019).

[artikel number=3 tag=”pasar,sayur”]

Meski demikian, Sitti Aida, tak memungkiri jika harga pangan melonjak naik setelah lebaran.

“Memang harga-harga sayur di pasar agak sedikit naik, contoh seperti sayur kangkung sebelumya harganya Rp 5000 dua ikat, tapi sekarang Rp 5000 per ikat, itu juga berlaku untuk sayur lainnya seperti daun ubi dan lainnya,” bebernya.

Kenaikan harga bukan hanya satu faktor saja, namun ada faktor lainnya, seperti petani yang menjual hasil pangannya lebih tinggi dari sebelumnya.

“Tergantung juga, kalau petaninya menjual mahal ke pedagang, pasti pedagang menaikan harga di pasar juga,” tandasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button