Metro Kendari

Kabar Baik! Kendari-Kolaka segera Pakai Kereta Api, Kendari-Muna-Buton Gunakan Jembatan Penghubung

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Mimpi masyarakat Sultra mempunyai moda transportasi kereta api bakal segera terwujud. Pasalnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyetujui program pembangunan rel kereta api di Sultra.

“Alhamdulillah usulan pembangunan kereta api yang menghubungkan Kota Kendari dengan Kabupaten Kolaka sudah masuk dalam perencanaan APBN tahun 2019, melalui Kementerian PUPR. Ini merupakan perjuangan panjang bagi masyarakat Sultra,” tulis Ridwan Bae, melalui rilisnya pada Senin (8/10/2018).

Ridwan yang duduk di DPR RI tahun 2014 dari Dapil Sultra menjelaskan, selain pembangunan rel kereta api, Kementerian PUPR juga sudah menyetujui perencanaan pembangunan jembatan penghubung daratan Pulau Muna dengan daratan Pulau Buton. Demikian juga dengan jembatan penghubung antara daratan Kendari dengan Pulau Muna.

Mantan Bupati Muna ini mengatakan, rencana membangun jalur kereta api dan membangun dua jembatan penghubung sudah masuk dalam kegiatan strategis nasional. Proses pengusulan kegiatan strategis ini membutuhkan waktu yang terbilang lama, yakni sejak tahun 2014 sudah diusulkan, dan sudah beberapa kali dilakukan peninjauan untuk melihat visibility.

“Ini sudah masuk dalam perencanaan APBN tahun 2019. Berkat kerjasama dan perjuangan semua pihak, sehingga Sultra masuk dalam agenda perhatian pembangunan transportasi. Hanya memang masih dibutuhkan pengawalan mengenai program ini,” ujar politisi dari Golkar ini.

Reporter: Fadli Aksar
Editor: Ann

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button