Headline

DPT Kendari Bertambah Drastis, Ini Penyebabnya

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – KPU Kota Kendari menetapkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) melalui forum Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPTHP-2 berlangsung di Hotel Fortune Anduonohu Kendari, pada Senin (12/11/2018).

Melalui forum tersebut ditetapkan jumlah DPTHP-2 mencapai 209.651 pemilih dengan rincian laki-laki sebanyak 103.449 pemilih dan perempuan sebanyak 106.203 pemilih.

Jumlah DPTHP-2 ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan jumlah DPT maupun DPTHP-1. Dimana jumlah pemilih dalam DPTHP-1 yang ditetapkan pada (13/9/2018) lalu berjumlah 187.797, dengan rincian laki-laki 92.796 dan perempuan 95.001.

Jumlah DPT Kota Kendari yang ditetapkan 20 Agustus 2018 lalu berjumlah 188.224 pemilih, dengan jumlah laki-laki 93.040 pemilih dan perempuan 95.184 .

“Peningkatan jumlah pemilih DPTHP-2 terjadi karena masuknya pemilih baru melalui program Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) dan hasil verifikasi faktual data DP4 Non DPT yang dikirimkan dari Dirjen Pencatatan Sipil Kemendagri,” cetus Ketua KPU Kendari Jumwal Saleh dalam rilisnya Selasa (13/11/2018).

Jumwal Saleh menjelaskan, penyempurnaan DPT hingga menjadi DPTHP-2 adalah upaya penyelenggara Pemilu untuk mewujudkan data pemilih yang benar-benar valid, akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Kesuksesan pertama Pemilu adalah kesuksesan data, sehingga kami dan jajaran berusaha melakukan verifikasi faktual dengan baik terhadap data DP4 non DPT yang diserahkan Dirjen Capil Kemendagri. Juga memastikan tak ada warga Kota Kendari yang tidak terdaftar dalam DPT melalui GMHP,” katanya.

Lebih lanjut, pria yang kerap disapa Alex ini mengatakan, dalam upaya verifikasi data DP4 non DPT yang diturunkan Dirjen Capil Kemendagri, sangat menguras tenaga penyelenggara, khususnya PPS dan PPK, karena data yang diturunkan cukup banyak yakni 52.556, dan waktunya sangat terbatas.

“PPS melakukan terbatas terhadap data yang turun mulai tanggal 1 sampai 9 November. Dan data ini sebenarnya tidak akurat karena, walaupun sudah meninggal 5 tahun lalu dan juga TMS masih muncul lagi, sehingga pekerjaan terulang,” bebernya.

Rapat pleno rekapitulasi dan penetapan DPTHP-2 Tingkat Kota Kendari dipimpin Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh didampingi empat komisioner Asril, Alasman Mpesau, La ndolili dan Sri Marliyah Putri.

Rapat Pleno diikuti Bawaslu Kota Kendari, utusan dari Disdukcapil, PPK dan Pnawascam se-Kota Kendari, serta pimpinan Parpol peserta Pemilu 2019 tingkat Kota Kendari.

Reporter: Fadli Aksar
Editor: Sumarlin

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button