Wakatobi

Semarakkan HUT ke-22, Satker KKP Wilker Wakatobi Gelar Berbagai Kegiatan

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Satuan kerja (Satker) Kementerian Kelauatan dan Perikanan (KKP) wilayah kerja (Wilker) Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengadakan berbagai kegiatan dalam menyemarakkan HUT ke-22 KKP.

Dalam perayaan HUT ke-22 KKP di Kabupaten Wakatobi, dilaksanakan secara kolaboratif dengan melibatkan seluruh  Satker KKP yang ada di Wakatobi.

Diantaranya, Loka Perekayasaan Teknologi Kelautan (LPTK), Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan (AKKP), Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Wilayah Kerja (Wilker) Wakatobi.

Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Wilker Wakatobi, Penyuluh Perikanan dan Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP).

Beragam kegiatan yang dilaksanakan pun dimulai sejak Rabu 20 Oktober 2021 kemarin. Pertama Soft Launching substrat yang merupakan desain aquascaping pada model tanam bambu laut, hasil inovasi LPTK, dengan melibatkan 75 peserta.

Dilegiatan tersebut, sebanyak 50 bibit bambu laut ditransplasikan pada area Perairan Laguna Pantai Ou Ntooge Desa Koroe Onowa, Kecamatan Wangi-Wangi.

Transplantasi ini melibatkan 10 penyelam dari perwakilan seluruh Satker KKP yang ada di Wakatobi, serta melibatkan Karang Taruna Desa Koroe Onowa.

Berikutnya, Kamis 21 oktober 2021 AKKP melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Matahora, yang melibatkan dosen dan perwakilan seluruh Satker KKP Wilker Wakatobi sebagai narasumber serta 100 peserta yang ikut dalam kegiatan itu.

Lalu Senin 25 Oktober 2021, dilaksanakan penanaman 300 bibit mangrove, 50 bibit bambu laut menggunakan teknologi Wakatobi Sea Bamboo serta 65 bibit coral tree yang melibatkan seluruh Satker KKP Wilker Wakatobi.

Puncak acara perayaan HUT ke-22 KKP, Selasa 26 oktober 2021 di awali dengan gerakan bersih pantai. Total sampah yang dikumpulkan mencapai 763 kg, terdiri atas sampah plastik basah 426 kg, plastik kering 16 kg, dan 321 kg sampah organik.

Pada kesempatan itu, Bupati Wakatobi, Haliana menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi yang ditunjukkan oleh Satker KKP Wilker Wakatobi.

Politisi PDI-P itupun berharap agar kiranya Pemerintah Daerah (Pemda) dapat bersinergi untuk kemajuan kabupaten Wakatobi.

“Selamat atas HUT KKP ke-22. Ekonomi Biru, Laut Sehat, Indonesia Sejahtera,” katanya.

Sebagai informasi, KKP meluncurkan program Ekonomi Biru, Laut Sehat, Indonesia Sejahtera bertepatan dengan Perayaan HUT ke-22 KKP di Belitung Timur, Selasa (26/10/2021).

Presiden Joko Widodo dalam event tersebut menyatakan bahwa Kebijakan ekonomi biru harus menopang pembangunan ekonomi Indonesia.

Program Ekonomi Biru tersebut, menjadi bagian dari roadmap pengelolaan sektor kelautan dan perikanan Indonesia dalam jangka waktu panjang hingga 2045 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button