Wakatobi

Kawal Kemandirian BPD di Tindoi Raya, PABPDSI Wakatobi Gelar Pertemuan

PLAY

WAKATOBI, DETIKSULTRA.COM – Pengurus Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Wakatobi terus lakukan penguatan terhadap kemandirian dan profesionalisme kerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Wakatobi.

Kemarin, Rabu (1/12/2021), PABPDSI Wakatobi kembali menggelar pertemuan di desa Tindoi, Kecamatan Wangi-Wangi, dan dihadiri oleh anggota BPD seluruh desa di Tindoi Raya. Pertemuan tersebut digelar, menyusul setelah dilakukan pula pertemuan di desa Kapota Raya, Kecamatan Wangi-wangi Selatan pada 18 November lalu.

“Agar BPD bisa memahami tupoksi kerjanya dan dapat memposisikan diri sebagai mitra pemerintah desa dalam mendorong dan mengawal pembangunan di desa sesuai permendagri nomor 110 tahun 2016 tentang tupoksi BPD,” ujar Ketua PABPDSI Kabupaten Wakatobi, Basiri saat memberikan pengarahan kepada sejumlah anggota BPD se-Tindoi Raya.

Pria yang juga sebagai anggota BPD Desa Tampara, Kecamatan Kaledupa itu mengatakan, perlu ada kemajuan dalam kinerja BPD di Wakatobi, utamanya dalam hal administrasi karena hal itu menyangkut kerapihan dan evaluasi.

Basiri menjelaskan, pentingnya administrasi agar anggota BPD dapat mengawal dan menjaga aspirasi masyarakat, sehingga apa yang menjadi tujuan pembangunan benar-benar terkawal dan bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Agar semua BPD dapat tertib administrasi, baik administrasi kesekretariatan, ataupun administrasi dalam hal kesepakatan bersama dengan pemerintah desa,” pungkasnya.

Ia pun berharap, selain sebagai pengawalan, ia meminta agar pertemuan itu dimaknai sebagai ajang untuk membangkitkan tali silaturahim dan memupuk rasa persaudaraan diinternal BPD, sehingga kedepan, kerja-kerja seluruh anggota BPD bisa berjalan harmonis.

Rusman selaku tenaga ahli pendamping Kabupaten yang juga hadir dalam pertemuan tersebut mengapresiasi kehadiran PABPDSI di Kabupaten Wakatobi. Ia pun berpesan, agar BPD di desa Tindoi Raya dapat menjaga marwah lembaga dengan baik dan juga dapat membangun kemitraan yang sinergis dengan pemerintah desa.

Selain itu, La Ode Arman selaku Ketua LBH PABPDSI Wakatobi, meminta kepada sejumlah anggota BPD yang telah hadir agar lebih pro aktif. Tukasnya, ada begitu banyak urusan masyarakat yang perlu dijawab dan ditunaikan.

“BPD perlu melakukan advokasi terhadap setiap urusan mereka, utamanya yang menyangkut urusan pemerintahan,” tutupnya.

Reporter: Abdul Ganiru
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button