Wakatobi

Dishub Wakatobi Gelar Sosialisasi Keselamatan Pelayaran

PLAY

WAKATOBI, DETIKSULTRA.COM – Berdasarkan data Pos SAR Kabupaten Wakatobi, sejak Januari hingga Oktober 2021 tercatat telah terjadi 13 kecelakaan di perairan Wakatobi.

Walaupun terbilang minim, kecelakaan laut menjadi perhatian sendiri oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wakatobi.

Untuk menekan terjadinya kecelakaan tersebut, Dishub Wakatobi memberikan pemahaman kepada pelaku pelayaran usaha transportasi laut dengan menggelar sosialisasi eselamatan pelayaran, Selasa (23/11/2021).

Kepala Bidang (Kabid) Kepelabuhanan, Muhammad Kasim mengatakan, terselenggaranya sosialisasi keselamatan pelayaran dapat menumbuhkan dan meningkatkan budaya keselamatan terhadap pelaku usaha jasa angkutan laut.

“Dengan kegiatan ini, harapannya dapat mengedukasi dan membangun kesadaran pelaku usaha jasa angkutan laut agar menjadikan keselamatan pelayaran sebagai kebutuhan,” tuturnya.

“Selain itu, para nelayan dan pelaku jasa angkutan laut perlu mengetahui tentang menajemen pelayaran sehingga pengguna jasa angkutan laut lebih terjamin keselamatannya,” tambahnya.

Bupati Wakatobi, Haliana yang turut menghadiri kegiatan di Villa Nadila itu memberikan apresiasi. Dalam sambutannya ia mengatakan, sosialisasi keselamatan pelayaran sangat penting untuk dilakukan.

“Mengingat, Wakatobi didominasi oleh laut sehingga sosialisasi seperti ini dinilai penting untuk mendukung visi misi Kabupaten Wakatobi maritim yang sentosa,” ucapnya.

Jelasnya, pemerintah daerah melalui RPJMD akan mendukung saranan prasarana mengenai infrastruktur kepelabuhanan, baik pengupan lokal maupun pelabuhan utama yang ada di Kabupaten Wakatobi. (bds*)

Reporter : Abdul Ganiru
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button