Wakatobi

Bupati Wakatobi Imbau Operator Kapal dan Pelayaran Turut Menjaga Kebersihan Laut

PLAY

WAKATOBI, DETIKSULTRA.COM – Bupati Wakatobi Haliana mengimbau seluruh pemilik kapal, operator kapal, dan pelaku usaha jasa angkutan kapal untuk memperhatikan keselamatan pelayaran.

Selain itu, ia juga meminta agar saat melakukan aktivitas pelayaran atau melaut tidak membuang sampah ke laut.

Hal itu disampaikannya saat membawakan sambutannya dalam Sosialisasi Keselamatan Pelayaran di Villa Nadila, Selasa (23/11/2021).

Pentingnya menjaga kebersihan laut ini, kata Haliana, selain karena Wakatobi dikenal sebagai daerah pariwisata, juga sebagai upaya mewujudkan visi Kabupaten Wakatobi menjadi kabupaten konservasi maritim yang sentosa.

“Saat ini, Wakatobi memiliki visi konservasi maritim yang menjadi salah satu faktor perhatian kita adalah kebersihan laut. Sehingga diharapkan jangan ada yang membuang sampah ke laut,” pungkasnya.

Untuk mendukung upaya tersebut, kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menyampaikan, peran para pelaku pelayaran sangat penting

Ia pun meminta agar pada setiap kapal angkutan jasa dan penumpang menyediakan tempat pembuangan sampah.

“Kepada seluruh operator, mohon simpankan tempat sampah di tiap-tiap kapal kita, bila perlu ada pengumuman di dalam kapal agar jangan membuang sampah ke laut. Mari kita jaga kebersihan laut kita, karena itu akan berpengaruh kepada kita semua, untuk masa depan anak cucu kita kelak,” pintanya.

Lebih lanjut kader PDI-Perjuangan itu menjelaskan, selain daerah pariwisata, Wakatobi juga adalah cagar biosfer bumi yang diakui oleh United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Sehingga menjaga kebersihan laut merupakan hal yang sangat penting, dan menurutnya itu juga bagian dari upaya membangun kesadaran serta menjadi tugas bersama, mengingat 97 persen wilayah Wakatobi adalah laut. (bds*)

Reporter : Abdul Ganiru
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button