Sultra Raya

Pemprov Sultra Ikut Peringatan Hari Maritim, Jokowi: Indonesia Layak Jadi Poros Maritim Dunia

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, Ketua DPRD Sultra, Abdulrahman Saleh, beserta Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) mengikuti peringatan puncak Hari Maritim Nasional ke-57 di Aula Merah Putih, Rumah Jabatan Gubernur, pada Kamis (23/9/2021).

Puncak Hari Maritim Nasional digelar secara virtual daring dan luring di Istana Negara RI, dihadiri Presiden RI, Ir H Joko Widodo, pimpinan DPR dan MPR, seluruh menteri kabinet bersatu serta seluruh gubernur dan bupati/walikota se-Indonesia.

Presiden RI, Joko Widodo menyampaikan, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dan sebagai negara yang memiliki 17 ribu pulau serta sebagai negara kaya dengan hayati laut terbesar di dunia, sudah selayaknya menjadi poros maritim dunia dan memperkokoh ekonomi.

Katanya, Indonesia harus memberdayakan potensi maritim untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih merata, dan meningkatkan nilai tambah dalam mempersatukan negara.

Pemprov Sultra Ikut Peringatan Hari Maritim, Jokowi: Indonesia Layak Jadi Poros Maritim Dunia

“Potensi yang bersumber dari hasil kekayaan laut kita adalah potensi perekonomian yang tinggi begitu juga potensi industri pangan yang berbasis laut seperti perikanan dan hayati laut, yang lain adalah potensi wisata maritim, potensi industri obat suplemen kesehatan berbasis kekayaan hayati dan nabati laut memjadi basis pertumbuhan ekonomi yang merata ke seluruh pelosok nusantara,” kata presiden saat memberikan sambutan.

Lanjutnya, laut bukanlah pemisah melainkan adalah penghubung antar pulau, laut juga adalah halaman tempat menghadap rumah masyarakat Indonesia.

“Laut adalah sumber penghidupan, banyak rejeki tersimpan didalamnya dan laut adalah anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa yang harus kita jaga dan muliakan,” papar Jokowi.

Pemprov Sultra mengucapkan Selamat Hari Maritim Nasional ke-57 dengan slogan, “Dilaut Justru Kita Jaya”.

 

Reporter: Betyrudin
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button