Sultra Raya

Pemprov Sultra Gelar Lokakarya dan TTG Nasional XXII

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXII secara virtual dan lokakarya rapat koordinasi teknis 2021 yang diselenggarakan di salah satu hotel di Kendari, Senin (20/9/2022).

Turut hadir Gubernur Sultra, Ali Mazi, dan para bupati/wakil bupati se-Provinsi Sultra serta turut hadir pula Sekda Sultra, Nur Endang Abbas, dan para pejabat eselon II dan III baik jajaran Pemprov Sultra maupun pemda pada acara Gelar TTG Nas XXII yang digelar secara virtual oleh Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Kepala Pusat Pengembangan Daya Desa Kemendes PDTT yang juga menjadi Ketua Panitia Lomba, Helmiati Nuhung mengatakan, lomba yang merupakan rangkaian Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional ke-22 tahun ini dilaksanakan secara virtual untuk memenuhi protokol kesehatan pada masa pandemi Covid -19.

Menurutnya, lomba ini bertujuan memberikan motivasi kepada para penemu dan pengurus posyantek elalu berinovasi menerapkan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk diimplementasikan kepada masyarakat.

“Lokakarya dan rakornis sangat penting dan strategis, dan sebagai wadah bagi kita semua untuk saling berkomunikasi tentang bagaimana melaksanakan pemberdayaan masyarakat dan desa sesuai dengan amanat UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa,” papar Gubernur Sultra dalam rilis yang diterima Detiksultra.com

Lebih lanjut Gubernur menyampaikan lima hal yang perlu mendapat perhatian yakni:

Pertama, masalah ketenagakerjaan (pengangguran) karena ketersediaan sumber daya alam yang terbatas dibanding jumlah penduduk yang cukup tinggi.

Pemprov Sultra Gelar Lokakarya dan TTG Nasional XXII
Gubernur Sultra, Ali Mazi saat meninjau lokasi Lokakarya

Kedua, meningkatkan produksi dan produktifitas masyarakat berbasis pertanian dan nonpertanian untuk menciptakan lapangan kerja baru atau perluasan kesempatan kerja pada masyarakat.

Ketiga, mendayagunakan sumber daya alam yang optimal disertai dengan penggunaan teknologi tepat guna sebagai alat pembangunan di pedesaan yang sekaligus sebagai sarana penyerapan tenaga kerja.

Keempat, meningkatkan kerja sama dan koordinasi antar instansi pemerintah, perguruan tinggi dan stakeholder terkait dalam pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna.

Kelima, dukungan dinas PMD yang berkaitan dengan pengembangan alat teknologi tepat guna serta dukungan perguruan tinggi melakukan pembinaan.

Ali Mazi berharap melalui momentum ini tanggung jawab kita semua dalam membangunan daerah dan bangsa khususnya dalam menghadapi pandemi yang masih melanda, dan tugas kita bersama untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Setelah itu, Gubernur Sultra berkenan mengunjungi stand kabupaten/kota untuk melihat hasil produksi tepat guna yang telah diciptakan.

 

Reporter : Betyrudin
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button