Sultra Raya

Gelar Dialog Publik, BEM Hukum se-Sultra Bicara Soal Pertambangan

PLAY

BAUBAU, DETIKSULTEA.COM – Universitas Dayanu Iksanuddin menjadi tuan rumah Dialog Publik BEM Hukum se-Sultra. Fokus dialog ini adalah memperkokoh komitmen penegakan hukum dan HAM pada aspek pertambangan dan ketenagakerjaan.

Ketua Panitia dialog publik BEM se-Sultra, Irwan menjelaskan, pihaknya mengundang pemateri-pemateri yang memiliki wawasan eksekutif, legislatif, dan praktisi.

“Pemateri yang berasal dari badan legislatif, anggota DPRD provinsi Sultra. Ia dapat menambah wawasan kami di bidang perencanaan Perda Pertambangan. Pemateri dari eksekutif adalah Kasi Hubin dari Disnaker Baubau. Ia menjelaskan pelaksanaan aturan yang sudah ditetapkan,” jelas Irwan pada Detiksultra.com di Aula La Ode Malim, Unidayan, Kamis (20/1/2022).

Sementara itu, lanjut Irwan, pemateri dari praktisi adalah Direktur Eksekutif Indonesia Mining and Energy Studies (IMES). Pemateri ini dapat membantu peserta dialog untuk berpikir cara membuat aturan dan proses pengawasan aturan yang baik dalam bidang pertambangan.

Irwan menambahkan, dialog ini sebenarnya berangkat dari keresahan mereka akan hadirnya tenaga kerja asing pada bidang pertambangan di Sulawesi Tenggara. Tenaga kerja asing tersebut seakan-akan menggusur posisi-posisi yang harus ditempati oleh tenaga kerja lokal atau tenaga kerja Indonesia.

Rektor UMB, Dr Wa Ode Al Zarliani SP MM mengapresiasi dialog publik ini dalam sambutannya. Zarliani melihat dialog ini sebagai gebrakan yang dilakukan BEM hukum se-Sultra untuk berkontribusi dalam menciptakan produk-produk hukum daerah.

Sementara itu, Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo menambahkan. Dalam proses pembuatan peraturan pertambangan, mesti mempertimbangkan aspek lingkungan alam dan sosial budaya.

“Selain itu, pertambangan juga sangat berkaitan dengan investor. Ketika kita menginginkan investor hadir di daerah kita, kita mesti menciptakan suasana yang aman dan nyaman,” pungkas Erwin dalam sambutannya.

Untuk diketahui, ini adalah dialog publik pertama BEM Hukum se-Sultra yang berpusat di Unidayan. Kegiatan ini dihadiri oleh UMK, Unsultra, UHO, USN Kolaka, UMB, Unidayan dan Unlaki.

 

Reporter: M6
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button