Sultra Raya

AMI Tanam 60 Jenis Pohon di Kebun Raya UHO

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Asosiasi Mikoriza Indonesia (AMI-RI) melakukan penanaman pohon sebanyak 60 jenis pohon dalam program “Gerakan Nasional Penanaman Pohon Terancam Punah Indonesia” yang terpusat di Kebun Raya UHO, Rabu (22/12/2021).

Penanaman ini bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra), UPT Ilmu Hayati dan Kebun Raya Universitas Halu Oleo (UHO), Jurusan Kehutanan FHIL UHO, PT Green Planet Indonesia, IKA Kehutanan Unhas dan DPD HAE IPB Sultra.

Ketua AMI RI, Prof Husna menjelaskan, aksi penanaman pohon terancam punah merupakan program kerja pengurus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) AMI RI ke-25.

Katanya, ada sebanyak 405 bibit pohon yang ditanam dari 60 jenis. Lima diantaranya merupakan jenis pohon terancam punah seperti Pooti, Kayu Kuku, Angsana, Senokeling dan Jeruk Siompu dan lain-lain.

“60 jenis tanaman pohon sudah siap untuk ditanam di lingkup kebun raya UHO,” terang Husna saat diwawancara Detiksultra.com.

Jurusan Kehutanan FHIL UHO ini menuturkan, AMI merupakan salah satu organisasi profesi yang bergerak dibidang Mikoriza (cendawan, jamur). Mikoriza, kata Prof Husna, dapat membantu tanaman dalam penyerapan air dan unsur hara di dalam tanah, sehingga membantu tanaman tumbuh dan berkembang dengan baik.

“Mikoriza ini merupakan salah satu mikroorganisme dalam tanah yang memang berfungsi dalam menyerap unsur hara dan air dalam tanah. Jadi pada saat musim kemarau kering, disaat itu dia memanfaatkan hifa-hifa (benang-benang halus, red) eksternalnya menyerap unsur hara untuk diberikan ke tanaman. Terutama pada tanah-tanah yang unsur haranya rendah, termasuk tanah tambang yang memiliki logam tinggi. Disinilah kerja Mikoriza,” pungkas mantan Dekan Fakultas Pertanian UHO ini.

 

Reporter: Betyruddin
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button