Muna

Mudik Lebaran Tahun Ini Diprediksi Didominasi Tujuan Kabupaten Muna

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kabupaten Muna diprediksi bakal jadi tujuan terbanyak saat masyarakat hendak melakukan mudik lebaran tahun ini, baik menggunakan tranportasi laut, darat, maupun udara.

“Dari tahun ke tahun pemudik terbanyak itu terjadi di Kabupaten Muna, sama seperti tahun ini juga Kabupaten Muna diprediksikan kembali sebagai tujuan terbanyak pemudik lebaran,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari, La Ode Abdul Manas Salihin di Kendari, Kamis (14/4/2022).

Dia mengatakan, guna memberikan rasa aman bagi pemudik, pihaknya akan lebih meningkatkan pengawasan dan pengamanan serta bersinergi dengan pihak kepolisian.

Pihak Dishub Kota Kendari menekankan, pada saat jelang arus mudik pihaknya akan semaksimal mungkin mengerahkan pasukan keanggotaan dan memastikan para personel dishub turun langsung dalam mengamankan arus mudik tersebut

Dia berharap, proses mudik berjalan dengan lancar hingga para warga sampai dengan selamat. Dishub juga turut memperketat beberapa titik tujuan pemudik seperti terminal, bandara, dan pelabuhan penyeberangan feri.

Berdasarkan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan wajib memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan, sebelum beroperasi membawa penumpang.

“Untuk kendaraan pribadi sudah tentu kami akan melakukan pengecekan fisik kendaraan, namun dalam pengawasannya agak sulit membedakan antara pemudik atau bukan. Jika didapatkan kendaraan yang tidak layak untuk mudik maka pengemudi menerima sanksi paling tidak penundaan keberangkatan,” jelasnya. (bds*)

 

Reporter: Zubair
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button