iklan
Muna Barat

Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem, Pj Bupati Muna Barat Beri Bantuan BLT APBD kepada Warga di Lima Kelurahan

PLAY

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat Dr. Bahri menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari APBD kepada warga miskin yang ada di lima kelurahan di daerah itu. Penyerahannya bertempat di halaman kantor bupati usai memimpin upacara Hari Sumpah Pemuda, Jumat (28/10/2022)

Bahri menjelaskan, BLT APBD ini diberikan kepada warga di kelurahan karena warga yang ada di desa sudah tercover penerima BLT dana desa (DD).

Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri ini mengaku penganggaran BLT APBD ini berdasarkan keputusan bersama dengan DPRD Kabupaten Muna Barat dengan nominal Rp300 ribu per bulan selama empat bulan.

“Jadi untuk 2022 ini kita berikan Rp300 ribu per bulan selama bulan bulan untuk masyarakat miskin ekstrem. Tahun depan kita sudah anggarkan juga mulai dari Januari hingga Desember untuk penerima BLT APBD,” bebernya.

Dikatakan Bahri, hal tersebut dalam rangka melaksanakan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem dalam melakukan tiga hal, yakni mengurangi beban pengeluaran masyarakat, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mengurangi kantong-kantong kemiskinan.

“Salah satu kantong kemiskinan yang kita temukan berada di beberapa kelurahan, karena warga di kelurahan sampai saat ini belum juga menerima manfaat BLT sehingga fakta yang saya temukan adalah banyak masyarakat yang ingin pindah ke desa karena ada BLT-DD, makanya saya beri bantuan BLT-APBD, inilah konteks berkeadilan namanya,” tukasnya.

Selain pemberian bantuan BLT-APBD, jebolan STPDN 07 ini juga sekaligus memberikan bantuan sejumlah uang tunai terhadap warga korban kebakaran yang berasal dari Desa Bakeramba, Desa Pajala, dan Desa Momuntu.

“Hal ini agar dapat meringankan beban masyarakat kita yang terkena bencana, saya harap dengan bantuan tersebut mereka dapat membangun kembali rumah mereka,” harapnya.

Sementara Kepala Desa Bakeramba Sarlin mengucapkan rasa syukur dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pj Bupati Muna Barat Dr Bahri yang telah membantu meringankan beban warganya.

Kata dia, bantuan sejumlah uang tunai senilai Rp100 juta yang telah diterima warganya itu sangat bernilai dan akan dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

“Alhamdulillah, atas bantuan ini tentunya kami bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Bahri,” tutupnya. (bds)

 

Reporter: La Ode Darlan
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button