Muna Barat

Tekan Inflasi, Pemkab Mubar Gelar Pasar Murah

PLAY

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Guna mengendalikan tingkat inflasi daerah, Pemerintah Kabupaten Muna Barat, menggelar pasar murah yang dilaksanakan di lapangan sepak bola Desa Lapolea, Kecamatan Barangka, Rabu (7/12/2022). Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Pj Bupati Muna Barat, Bahri, jajaran forkopimda, Sekda Mubar, para kepala OPD, camat dan masyarakat Lawa Raya.

Melalui kesempatan itu, Bahri mengatakan terselenggaranya kegiatan pasar murah ini merupakan bagian dari kerja sama antara kelompok PKK Mubar dan jajaran Ffrkopimda sebagaimana pihaknya telah mendapatkan arahan dari Presiden RI dalam pengendalian inflasi daerah khususnya akibat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Untuk itu, Bahri meminta agar melaksanakan 10 langkah strategi yakni membangun komunikasi publik agar masyarakat tidak panik, mengaktifkan TPID, mengaktifkan satgas pangan. Penyaluran BBM Subsidi tepat sasaran, melaksanakan gerakan hemat energi, gerakan tanam pangan cepat panen, melaksanakan kerjasama antara daerah, mengintensifkan jaring pengaman sosial, dan merealisasikan belanja tidak terduga (BTT).

“Ini adalah arahan langsung dari Kemendagri Bapak Tito Karnavian,” ujarnya.

Ia menyebut, kunci utama dalam gerakan pengendalian inflasi adalah dengan menyamakan gerakan pengendalian Covid-19.

“Dari 10 langkah strategi tadi, pak menteri juga mengarahkan minimal enam langkah kita laksanakan seperti melaksanakan pasar murah, melaksanakan sidak, kerjasama antara daerah, gerakan menanam, merealisasikan BTT, dan dukungan transportasi baik darat maupun laut,” imbuhnya.

Sementara itu, Dandim Muna Komandan Kodim 1416/Muna Letkol Inf Gilles R.B Hogendorp, sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh Pemkab Mubar dalam penanganan inflasi daerah.

”Tentunya kami dari TNI sangat mendukung hal ini demi meringankan beban warga akibat dampak kenaikan BBM,” katanya.

Senada dengan itu, Kapolres Muna AKBP Mulkaifin mengatakan kegiatan pasar murah yang digelar oleh Pemkab Mubar sangat baik, karena menyediakan barang dengan harga terjangkau. (bds)

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Wulan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button