Muna Barat

Siap Tampung Jagung Petani, PT SAN Sosialisasi ke Petani di Mubar

PLAY

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – PT Seger Agro Nusantara (SAN) mengunjungi Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Muna Barat untuk mengadakan sosialisasi kepada para petani sekaligus menjalin kerja sama dengan dinas tersebut, Rabu (22/9/2021).

Dalam kunjungan tersebut, PT SAN menyampaikan beberapa program di hadapan para petani. Salah satunya pihak perusahaan akan membeli dan menampung hasil produksi jagung kuning langsung dari petani mengikuti harga pasaran secara nasional.

Selain itu, perusahaan juga akan menyediakan pupuk dengan harga terjangkau yang bisa diperoleh melalui koperasi.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Mubar Nestor Jono mengatakan, pihaknya hanya memfasilitasi pihak PT SAN dengan petani yang ada di Mubar.

“Kerja samanya tidak mengikat. Mereka akan membeli produk kita sepanjang kualitas bagus yang mana harganya mengikut harga nasional, karena ini pembeli nasional,” ungkap Nestor Jono ditemui usai sosialisasi.

Nestor mengungkapkan program seperti ini sesuai dengan progres dan cita-cita pemerintah daerah dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani.

“Untuk mensejahterakan petani, hari ini kita coba datangkan langsung pembeli jagung dari Jakarta. Selain itu, manfaat kita bergabung dengan koperasi yang bekerja sama dengan perusahaan itu adalah harga aman karena dikontrol oleh empat perusahaan nasional pembeli jagung itu. Jadi harga tranparansi,” jelas Nestor.

Rencananya, untuk tahap awal melalui kelompok tani pihaknya akan uji coba lahan siap tanam sekitar 1.000 hektare.

“Kalau ini menguntungkan ke depannya akan ditambah lagi. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas produk jagung kuning kita, mereka akan mendampingi langsung. Kuitas jagung akan bertambah dengan penambahan perlakuan terhadap jagung kita,” pungkasnya. (bds*)

 

Reporter: M3
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button