Muna Barat

Remaja Mesjid Al Ikhlas Mubar Gelar Lomba Azan dan Hapalan Surah Pendek

PLAY

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Remaja Masjid Al-Ikhlas Kelurahan Wamelai, Kecamatan Lawa, Kabupaten Muna Barat, menggelar lomba azan dan hapalan surah pendek selama bulan suci Ramadan 1443 Hijriah. Kegiatan lomba ini diikuti oleh anak tingkat SD dan SMP se-Kecamatan Lawa.

Lurah Wamelai Ali Ode Pua selaku panitia pelaksanaan kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan lomba islami ini disambut antusias oleh anak-anak yang mengikuti lomba tersebut.

Menurutnya, kegiatan ini memberi dampak yang lebih tinggi untuk generasi dalam mengasah mental dan pengalaman mereka berkompetisi dari tingkat desa sampai tingkat lebih tinggi ke depannya.

Ia juga menyampaikan, selain mengasah mental anak-anak usia dini, kegiatan tersebut juga bertujuan memberikan edukasi pembelajaran membaca Alquran sejak usia dini dan memberikan pemahaman tentang dasar-dasar agama Islam pada anak usia dini.

Apalagi di zaman seperti ini, lanjut Ali, banyak anak-anak yang terpengaruh dengan gadget sehingga pengenalan terhadap ayat Alquran juga ikut tergerus dalam kehidupan anak-anak.

“Untuk mengimbangi kebiasaan itu maka perlu ada kegiatan-kegiatan islami seperti ini. Mengenalkan ayat Alquran sejak dini untuk generasi selanjutnya,” katanya ditemui Kamis (28/4/2022).

Kata dia, perkembangan teknologi saat ini sangat bermanfaat bagi lapisan masyarakat. Namun di sisi lain ada dampak negatifnya. Apa lagi di kalangan anak-anak. Hadirnya smartphone di lingkungan keluarga sangat memiliki pengaruh besar terhadap kebiasaan anak-anak. Olehnya itu, kata dia, sedini mungkin memberikan edukasi melalui kegiatan-kegitaan positif seperti ini.

Alumni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2016 ini juga berharap agar remaja masjid lebih kreatif dan aktif dalam menggelar kegiatan seperti ini, sehingga anak-anak sekitar dapat termotivasi untuk belajar ayat-ayat Alquran.

“Saya berharap kegiatan ini terus berlanjut, jangan hanya tahun ini saja,” katanya.

Kegiatan ini diikuti 60 orang peserta yang berasal dari anak-anak SD dan SMP se-Kecamatan Lawa dan Kecamatan Barangka. (bds*)

 

Reporter: La Ode Darlan
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button