Muna Barat

Pj Bupati Resmi Lantik Pengurus NPCI Cabang Muna Barat

PLAY

MUNA BARAT,DETIKSULTRA.COM – Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar) Dr. Bahri resmi melantik pengurus National Paralympic Commite Indonesia (NPCI) cabang Mubar periode 2022-2027 di aula kantor bupati setempat, Senin (15/8/2022).

Pelantikan ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Mubar LM. Husein Tali dan para kepala OPD serta jajaran pengurus dan pelatih NPCI.

Melalui kesempatan itu, Bahri mengatakan setiap warga negara memperoleh hak yang sama dalam melakukan kegiatan olahraga.

Hal itu tertuang dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional.

“Ada di pasal 6 menyebutkan bahwa setiap warga negara memiliki hak yang sama dalam melakukan kegiatan olahraga sampai kepada memperoleh penghargaan olahraga,” kata Bahri.

Di dalam pasal 7, lanjut Bahri, warga negara yang memiliki disabilitas fisik, intelektual, mental mempunyai hak memperoleh kegiatan pelayanan keolahragaan sesuai dengan kebutuhan harkat dan martabatnya.

“Ini luar biasa dukungan kebijakan undang-undang dalam konteks disabilitas” ucap Bahri.

Bahri juga mengungkapkan tentang tugas dan kewenangan pemerintah berdasarkan UU Pasal 11 Ayat 1 bahwa pemerintah daerah maupun pemerintah pusat mempunyai hak mengarah, membimbing, membantu, dan mengawasi tentang keolahragaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan berkewajiban memberikan pelayanan kemudahan serta menjamin terselenggaranya kegiatan olahraga tanpa diskriminasi.

Bahri berjanji akan membantu kebutuhan-kebutuhan NPCI Mubar ke depannya karena menjadi kewajiban pemerintah daerah dalam mendukung jalannya setiap kegiatan yang dilakukan oleh NPCI. “Jadi kami turut andil dalam mendukung ini,” katanya.

Dirinya berharap NPCI dalam mengikuti kegiatan-kegiatan olahraga ke depannya dapat membawa prestasi dan mengharumkan nama baik daerah.

“Insyaallah pemkab pasti akan memberikan bonus dan penghargaan yang telah mengharumkan nama daerah,” tutupnya.

Diketahui NPCI adalah pembinaan organisasi disabilitas yang ada di Indonesia. Komite ini berfungsi mengatur pembinaan olahraga difabel serta mengusahakan peningkatan prestasi dan kesejahteraan atlet. (bds)

 

Reporter: La Ode Darlan
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button