kesbangpol sultra sulawesi tenggara   kesbangpol sultra sulawesi tenggara
Muna Barat

Pemkab Mubar Kembali Gelar Pasar Murah di Kusambi Raya

PLAY

MUNA BARAT,DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten Muna Barat kembali menggelar pasar murah di wilayah Kusambi Raya, di gedung serba guna, Desa Guali, Kecamatan Kusambi, Jumat, (30/12/2022). Pj Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan pasar murah tersebut mencakup tiga wilayah, yakni Kecamatan Sawerigadi, Kecamatan Kusambi dan Napano Kusambi.

Ia menyebut, paket sembako yang dibagikan ada empat jenis, yaitu gula pasir satu kilogram, minyak goreng satu liter, beras 10 kilogram dan telur satu rak. Berdasarkan hasil survey pada operasi pasar yang dilakukan sebelumnya, keempat bahan pokok tersebut telah mengalami kenaikan harga secara signifikan di pasaran.

“Jadi saat ini ada kenaikan harga, di mana keempat bahan pokok ini telah menyumbang inflasi  terutama beras, makanya kita gelar pasar murah hari ini. Untuk total harga di pasaran dari empat bahan pokok ini 220 ribu, tapi karena Pemda sudah memberi subsidi dan mengintervensi harganya maka warga cukup membayar 110 ribu saja per paketnya,” sebutnya.

Bahri mengaku, hal ini dilakukan berdasarkan instruksi dari Presiden RI dalam mengendalikan inflasi daerah serta mengentaskan kemiskinan ekstrem. Apalagi di tengah kenaikan inflasi yang tinggi, maka sangat berdampak besar pada perekonomian masyarakat sehingga menambah beban pengeluaran.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muna Barat, La Ode Aka menyebut, jumlah warga yang menerima paket sembako sebanyak 2652 orang.

Ia berharap hal ini dapat meringankan beban pengeluaran di tengah naiknya harga bahan pokok. (bds)

 

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Wulan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button