Muna Barat

Musrembang Provinsi: Dinsos Muna Barat Usul Bentuk KSB dan KUBE

PLAY

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar) melalui Dinas Sosial mengusulkan pembentukan kampung siaga bencana sebagai usulan prioritas pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat provinsi yang digelar di Aula Kantor Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dalam Musrenbang tingkat provinsi ini, Kepala Dinsos Mubar, Ahmad Ramadhan mengatakan, pembentukan kampung siaga bencana(KSB) dan kelompok usaha bersama (KUBE) akan difokuskan pada wilayah pesisir.

“Pada Musrembang ini, kita mengusulkan dua kegiatan prioritas yakni pembentukan kampung siaga bencana (KSB). Untuk pembentukan KSB ini kita fokuskan pada desa pesisir,” kata mantan Kadis Dinsos Mubar saat ditemui di kantor wali kota Senin (28/3/2022).

Dalam rencananya pembentukan KSB ini akan dibentuk dibeberapa desa pesisir yakni Desa Pasipadanga, Kecamatan Maginti, Desa Santiri dan Desa Mandike, Kecamatan Tiworo Utara.

Pihaknya lanjut dia, sengaja memilih desa tersebut dikarenakan dibagian desa pesisir ini sering mengalami bencana alam seperti angin puting beliung, sebab kampung siaga bencana merupakan wadah penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang nantinya dijadikan tempat untuk program penanggulangan bencana di wilayah itu.

“Selama ini setiap bencana alam seperti angin puting beliung, kita (Dinsos) selama terjadi bencana hanya memberikan bantuan seadanya. Untuk itu, dengan musrembang ini apa yang menjadi usulan prioritas kami bisa terakomodir semua,” harapnya.

Sementara itu, untuk usulan kelompok usaha bersama (KUBE) masih mengusulkan bantuan seperti perbengkelan, salon, penjahit, pertukangan, tenda jadi dan lainnya.

 

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button