Categories: Muna Barat

Majukan SDM, Pemkab Mubar Buka Program Beasiswa Berprestasi

Share
Dengarkan

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Guna mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, Pemerintah kabupaten Muna Barat (Mubar), membuka program beasiswa untuk mahasiswa berprestasi. Pj Bupati Mubar, Bahri mengatakan, program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi menjadi salah satu upaya Pemkab Mubar melakukan investasi di dunia pendidikan dalam meningkatkan kualitas SDM.

Kata dia, beasiswa prestasi tahun 2023 ini dibagi atas dua macam, yakni beasiswa prestasi akademik dan non akademik. Untuk beasiswa prestasi akademik ditujukan bagi mahasiswa/mahasiswi S1 dan S2. Sedangkan untuk beasiswa prestasi non akademik ditujukan bagi penghafal Al-Qur’an 20 juz dan 30 juz.

“Untuk prestasi olahraga dan seni ditujukan bagi yang mendapatkan juara 1 dan 2 di tingkat provinsi mewakili Kabupaten Mubar,” terangnya.

Bahri meyakini, mahasiswa memiliki kemauan untuk sukses dan tidak menggantungkan pada siapapun. Para mahasiswa akan menggantungkan diri pada pribadinya sebagai bentuk kemandirian sikap dan tindakan.

Alumni 07 STPDN ini berharap, Kabupaten Mubar akan memiliki SDM dengan kualifikasi terdidik lewat program beasiswa tersebut. Selain itu, mahasiswa akan memiliki modal untuk mempersiapkan diri meraih eksistensi sesuai mimpi dan cita-citanya.

Tak hanya itu, Direktur Perencanaan Anggaran Kemendagri ini berharap, mahasiswa berprestasi penerima beasiswa dapat berkompetisi di era global dan bisa bersaing sesuai kebutuhan segmen pasar dan dunia kerja.

“Bahkan diharapkan setelah nantinya mereka kembali ke Mubar, mahasiswa berprestasi itu dapat menjadi entrepreneurship yang membuka peluang-peluang pekerjaan,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Mubar, La Karimu menyebut, total anggaran yang disiapkan untuk beasiswa prestasi ini sebesar Rp800 juta.

“Jadi 300 juta untuk S2 dan 500 juta untuk S1 dan non akademik,” kata La Karimu.

Beasiswa prestasi untuk mahasiswa S1 yakni sebesar Rp15 juta, S2 Rp20 juta. Untuk hafiz Al-Qur’an 20 juz Rp15 juta, sedangkan hafiz Al-Qur’an 30 juz Rp20 juta.

La Karimu mengungkapkan, ada beberapa syarat pendaftaran beasiswa prestasi ini.

“IPK minimal 3,55, menyetor foto copi KTP dan KK, kartu mahasiswa, surat keterangan aktif kuliah dan kartu hasil studi,” terang La Karimu.

Sementara untuk hafiz Al-Qur’an 20 dan 30 juz, pendaftar wajib menyetor surat keterangan dari pimpinan pondok.

“Untuk beasiswa prestasi seni dan olahraga, wajib melengkapi surat kejuaraan atau piagam kejuaraan,” tambahnya.

Diketahui, pendaftaran dan pengumpulan berkas dimulai dari tanggal 5-15 Juni 2023 di ruang bagian Kesra Sekretariat Daerah Mubar. (bds)

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Wulan

Komentar