iklan
Muna Barat

Langkah Konkret Bahri Tekan Inflasi di Muna Barat

PLAY

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri melakukan beberapa langkah konkret untuk menangani inflasi di daerah yang dipimpinnya itu.

Bahri mengatakan, hal pertama yang ia lakukan adalah menggelar operasi pasar yang tersebar di tiga wilayah besar yang ada di Muna Barat.

“Menindaklanjuti arahan hari ini, bersama Dandim Muna dan Kapolsek Sawerigadi besok pagi lagi akan kami lakukan operasi pasar,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Senin (14/11/2022)

Selain itu, pihaknya juga akan menggelar pasar murah yang menyasar sembilan bahan pokok seperti telur, bawang merah, beras, dan minyak goreng.

“Jadi, kita akan bekerja sama dengan distributornya. Misalnya, telur saat ini harganya Rp52 ribu hingga Rp55 ribu per rak maka kita jual ke masyarakat setengah dari harga biasanya sekitar Rp20 ribu atau Rp30 ribu per rak,” sebutnya.

Untuk memastikan agar tepat sasaran, Bahri akan meminta bantuan para kepala desa dan PKK desa untuk melakukan pendataan warganya yang benar-benar layak mengikuti gelaran pasar murah ini.

“Jadi kita akan mendata warga miskin yang termasuk dalam kelas menengah ke bawah untuk membeli kupon kepada kepala desa, nantinya kupon tersebut kita ganti dengan bahan pokok tadi dan ini segera kita lakukan,” jelasnya.

Langkah konkret dalam penanganan inflasi lainnya, dirinya juga sudah memerintahkan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Muna Barat untuk memberikan bantuan BBM jenis solar pada setiap nelayan.

Ia juga sudah perintahkan kadis perhubungan untuk segera mendata pemilik kendaraan angkutan umum, terkhusus warga Muna Barat untuk diberi bantuan subsidi transportasi.

“Misalnya dari Muna Barat ke Raha sewanya per orang Rp30 ribu maka kita subsidi hari itu juga dia berlakukan Rp15 ribu saja nanti sisanya dari pemda yang bayarkan. Makanya besok saya minta dilaporkan termasuk penanggung jawab kegiatan operasi pasar dan pasar murah,” tutupnya. (bds)

 

Reporter: La Ode Darlan
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button