Muna Barat

Jelang Arus Mudik, Pemkab Muna Barat Bakal Tertibkan Hewan Ternak

PLAY

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar) menyiapkan titik lokasi pengamanan dan pengawasan di berbagai lokasi.

Kepala Dinas Perhubungan Mubar, La Ode Hanafi mengungkapkan, titik lokasi pengawasan jelang arus mudik lebaran yakni Tugu Lagadi, Tugu Bandara Sugi Manuru, Pertigaan Latawe-Kombikuno, Pelabuhan Pajala, dan Pelabuhan Tondasi.

Momen arus mudik ini, Dishub bekerjasama stakeholder seperti TNI, Polri, dan Pol PP agar arus mudik lebaran nanti berlangsung aman, tertib, dan terkendali.

“Kita akan mulai kegiatan pengawasan H-7 dan H+7 atau 25 April 2022 mendatang tujuannya demi kelancaran dan kenyamanan warga Mubar yang mudik lebaran,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Mubar, Husein Tali, menyoroti perlunya penertiban hewan ternak masyarakat.

Ia memprediksi, tahun ini terjadi ledakan arus mudik lebaran, sehingga penting menurutnya mensterilkan jalanan dari hewan ternak berkeliaran bebas yang bisa mengganggu kenyamanan pengendara.

“Kondisi jalan dan hewan ternak seperti sapi dan kuda penting untuk di tertibkan titiknya di Lawa, Kusambi, Napano Kusambi, dan Tondasi sampai Bone-bone, aturannya sudah jelas kita tinggal aksion saja,” ujarnya, Selasa (19/4/2022).

Pada prinsipnya lanjut Husein, dalam penertiban hewan ternak ini perlu melibatkan pihak keamanan untuk penindakan, tentu setelah ada imbauan kepada para pemilik ternak.

“Kita beri kenyamanan pada teman-teman yang mudik, jangan karena hewan ternak yang berkeliaran mengganggu perjalanan mereka nanti, tolong kita ambil tindakan yang terukur di beberapa titik yang rawan ini,” pungkasnya.

 

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button