Muna Barat

Fraksi Golkar Apresiasi Kinerja Pj Bupati Mubar

PLAY

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Ketua Fraksi Partai Golkar Kabupaten Muna Barat, Uking Djassa, mengapresiasi kinerja Pj Bupati Mubar, Bahri, dalam meningkatkan penghasilan asli daerah (PAD). Menurutnya, Bahri yang baru dilantik pada 27 Mei lalu ia mampu melakukan terobosan nyata dalam membedah APBD dan meningkatkan PAD Muna Barat.

Diketahui dalam laporan pertanggungjawaban keuangan APBD Muna Barat tahun 2021, pendapatan daerah direncanakan sebesar Rp653.154.014.638 yang bersumber dari PAD sebesar Rp20.767.976.683, pajak daerah Rp4.630.000.000, retribusi daerah Rp2.180.784.750, hasil pengelolaan kekayaan daerah Rp522.763.000 dan PAD lainnya di lrencanakan sebesar Rp13.434.428.888.

Uking Djassa tak menampik bahwa pencapaian targetnya sangat rendah. Namun jika dilihat pendapatan lainnya jauh dari apa yang diestimasikan.

Oleh karena itu, Uking Djassa  menghadirkan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) agar untuk menjadikan hal ini PR.

“Ini bukan bicara kecenderungan yah, PAD asli kita sangat rendah sekali hanya 30 sekian persen, makanya kami hadirkan Dinas Pendapatan untuk dijadikan catatan penting berdasarkan peraturan daerah yang berasal lebih dari 40 perda  yang mengatur dan sudah dibentuk” ujarnya, Senin (18/7/2022).

Ia mengaku bahwa gebrakan yang di ciptakan oleh PJ Bupati Mubar dalam percepatan pembangunan patut dijadikan contoh. Kendati demikian, Uking Djassa menginginkan DPRD harus mengimbangi apa yang telah dilakukan oleh Bahri.

“Berbicara PAD kita turun sekali, berbicara dari sisi perencanaan kita belum cakap merencanakan sesuatu, dan ini adalah sebuah kegagalan,” terangnya.

Untuk itu Wakil Ketua I DPRD Mubar memberi apresiasi Pj Bupati yang telah menyisir dan menyesuaikan anggaran PAD  daerah sehingga mendapatkan angka Rp84 miliar.

“Ini adalah sebuah gerakan yang luar biasa, kami dari fraksi Partai Golkar mengapresiasi hal ini,” pungkasnya. (bds)

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Wulan Subagiantoro

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button