KonawePemerintahan

Hari Ini, Usulan Pengangkatan Surunuddin-Rasyid Dikirim ke Mendagri

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi telah menandatangani surat perihal usulan pengesahan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel) periode 2021-2026.

Surat dengan nomor 131.74/124 tertanggal 24 Maret 2021 ini ditujukan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk kemudian mengesahkan peresmian pengangkatan Surunuddin Dangga-Rasyid selaku bupati dan wakil bupati terpilih sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Asisten I Setda Pemprov Sultra, Basiran membenarkan jika surat usulan tersebut telah ditandatangani orang nomor satu di Bumi Anoa.

Saat ini dia bilang, dirinya sedang membuat surat pernyataan keaslian dokumen surat usulan pengesahan pengangkatan terhadap calon kepala daerah (Cakada) terpilih pada Pilkada Konsel 2020.

“Saya baru akan menandatangani surat keaslian dokumen yang akan dikirim ke Kemendagri,” ujar dia, Kamis (25/3/2021).

Setelah itu, lanjut Basiran, pihaknya akan meng-upload atau mengirim melalui aplikasi Sistem Online Layanan Administrasi (Siola) milik Kemendagri.

“Hari ini kita akan mengirim melalui online perihal surat usulan dari Pak Gubernur beserta berkas lampiran lainnya,” jelas Basiran.

Untuk dokumen fisiknya, tambah dia, sesuai rencana awal, dirinya akan mengantarkan langsung ke Kemendagri pada pekan depan.

“Minimal senin depan saya sudah ke Jakarta antar dokumen ini. Yang penting onlinenya dulu kita selesaikan,” ujarnya.

Sebagai informasi, Surunuddin Dangga-Rasyid didapuk sebagai Bupati dan Wakil Bupati Konsel terpilih, setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak perselihan hasil pemilihan (PHP) pemohon (Endang-Wahyu) secara keseluruhan karena tidak beralasan hukum.

Setelah MK memutuskan tertanggal 19 Maret 2021 kemarin, tiga hari berikutnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konsel menggelar rapat pleno terbuka penetapan bupati dan wakil bupati Konsel terpilih pada Pilkada Serentak 2020.

Kamudian, sehari setelahnya, DPRD Konsel juga melaksanakan rapat paripurna pengangkatan Surunuddin Dangga-Rasyid selaku kepala daerah (Kada) periode 2021-2026.

Reporter: Sunarto
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button