Konawe

Hadapi Ramadan, Bulog Konawe Pastikan Stok Sembako Aman

PLAY

KONAWE, DETIKSULTRA.COM – Menghadapi bulan suci Ramadan yang tinggal menghitung hari, Bulog Konawe pastikan stok sembako untuk masyarakat di daerah itu masih aman.

Kepala Bulog Konawe Yusran Yunus menjelaskan, untuk stok yang ada di gudang Bulog saat ini sampai idulfitri nanti masih aman.

“Bahkan saat ini persediaan gula pasir, terigu, dan daging kerbau ada di gudang bulog,” jelas Yusran, Selasa (30/3/2021).

Khusus daging kerbau sendiri, Bulog menyiapkan lemari pendingin dengan kapasitas 200 kilogram. Daging tersebut bersumber dari Bulog Kendari.

“Untuk daging sapi terbilang masih aman karena masih banyak peternak sapi di Konawe,” ujarnya.

Begitu pun persediaan beras di Bulog Konawe masih aman, ditambah saat ini beberapa tempat di Konawe telah panen.

Setelah panen ini, lanjutnya, jika gudang bulog melebihi kapasitas nantinya beras tersebut akan dikirim ke beberapa kabupaten di Sultra yang telah memiliki gudang bulog.

Saat ini Bulog Konawe yang berada di Kelurahan Tuoy memiliki tiga unit gudang. Satu unit sudah penuh.

“Kita akan melakukan pemerataan stok ke bulog yang gudangnya masih kurang kapasitas seperti Kabupaten Muna, Baubau, Buton Utara, Kendari dan Wakatobi,” jelasnya.

Ia menambahkan untuk saat ini harga beli gabah bulog ke patani menurut permendagri yaitu gabah kering panen Rp4.200 dengan kadar air maksimal 25, kadar hampa 10 dan untuk gabah kering giling Rp5.300.

Reporter: Hiswan Pagala
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button