Konawe

Bank Sampah, Solusi Konawe Bersih

PLAY

KONAWE, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melakukan peningkatan kualitas kebersihan daerah dengan pengelolaan Bank Sampah.

Adanya bank sampah bisa berorientasi pada peningkatan taraf hidup masyarakat menuju Konawe Gemilang. Program bank sampah yang mulai digalakkan Pemkab Konawe juga bisa mengarah pada pengelolaan sampah berbasis ekonomi.

Sekretaris Daerah Konawe, Ferdinand Sapan, menjelaskan Pemkab Konawe setidaknya sudah menyiapkan 13 unit bank sampah yang disebar disejumlah titik, yang dikelola langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Sekda Konawe berharap adanya bank sampah, menjadi solusi penanganan sampah TPA yang selama ini sudah over kapasitas.

“Untuk Kecamatan Unaaha dan Wawotobi produksi sampah sampai 40 ribu ton,” ungkap Sekda Ferdinand saat meresmikan bank sampah Pasar Asinua, Rabu (20/01/2021).

Sampah organik maupun non organik dapat dikelolah oleh bank sampah. Sekda Ferdinand, mengatakan dalam pengolahan bank sampah, masyarakat yang akan jadi nasabah akan diberikan buku tabungan, saldo yang dimiliki pada rekening tersebut dapat ditukar untuk keperluan sehari-hari.

“Seperti dalam pembayaran tagihan listrik saldo yang didapatkan dari bank sampah dapat digunakan, karena pihak PLN telah menjalani kerjasama dengan pemerintahan dalam pengolahannya,” tutupnya.

Reporter: Hiswan Pagala
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button