Konawe Selatan

Ucapkan HUT ke-18, Mendagri: Pemda Konsel Harus Fokus Bangun SDM

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI), Tito Karnavian berikan ucapan hari ulang tahun (HUT) ke-18 Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), yang jatuh tiap tanggal 2 Mei.

Hal itu diungkapkan Mendagri, Tito Karnavian melalui video conference diruang kerjanya, di Jakarta, Sabtu (1/5/2021.

Dalam kesempatan itu, Tito Karnavian, meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel fokus membangun sumberdaya manusia (SDM) yang unggul, berdaya saing dan mampu mengembangkan potensi sumberdaya alam (SDA) serta kontrol wabha COVID-19.

Hal itu merunut dari histori terbentuknya Kabupaten Konsel, dengan Ibu Kota, Andoolo, sebagai daerah otonomi baru (DOB) oleh Pemerintah Pusat berdasarkan UU No 4 Tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Konsel, Provinsi Sultra pada tanggal 2 Mei 2003.

“Konsel memiliki potensi SDA yang luar biasa seperti pertambangan, mineral, perikanan, pertanian, perkebunan serta sejumlah potensi lainnya,” ucapnya

Selain itu, kata Menteri Tito, Konsel memiliki potensi pada sektor pariwisata, diantaranya wisata bahari Pantai Namu yang eksotik dengan pasir putihnya, Air Terjun Moramo dengan tujuh undakan menakjubkan, ekowisata muara taman nasional Rawa Aopa Watumohai dengan keanekaragaman hayati flora dan fauna.

“Itu merupakan daya tarik luar biasa yang dimiliki daerah ini, tentunya harus lebih dikembangkan,” imbuhnya.

Disebutkan juga, bahwa iklim investasi di Konsel menunjukkan tanda yang membaik di buktikan masuknya investor dalam dan luar negeri. Bahkan terdapat sejumlah proyek strategis nasional dalam rangka percepatan kemajuan daerah ini.

Namun menurut Tito, potensi SDA yang luar biasa bukan satu-satunya penjamin kemajuan daerah, aspek terpenting adalah terbentuknya SDM yang baik, unggul dan berdaya saing

“Angkatan kerja yang baik dan memiliki daya saing jauh lebih penting dibanding SDA demi percepatan pembangunan di Konsel, idealnya keduanya sejalan,”tuturnya

Olehnya Ia berpesan agar Pemda Konsel fokus bangun SDM yang baik, khususnya dibidang kesehatan agar masyarakat tumbuh menjadi pribadi sehat fisik dan psikis, cerdas, tidak stunting, dan terdidik secara formal hingga ke jenjang pendidikan tertinggi.

“Dan dengan potensi wilayah didikkan vokasi ke generasi muda yang memiliki keahlian dibidang pertambangan, pertanian dan perkebunan serta guide wisata,”pesan Tito.

Keahlian ini perlu diberikan ke generasi muda, sambungnya, agar Konsel disamping mempunyai sda yang baik juga memiliki sdm mumpuni, sehingga masyarakat tidak jadi penonton karena SDM lemah dan hasil SDA-nya bisa dinikmati oleh rakyat daerah itu sendiri.

“Sekali lagi perkuat pembangunan SDM konsel dibidang pendidikan, kesehatan dan dibidang keahlian sehingga menjadi lompatan besar kemajuan daerah,”tegasnya lagi.

Dalam pernyataannya juga ditengah pandemi wabah saat ini, Menteri Tito menghimbau Pemda untuk tetap menjaga dan mengendalikan penyebaran virus COVID-19 tersebut dengan tidak lengah dan fokus melihat perkembangan angka kasus setiap hari.

“Ditengah pandemi terus jaga dan kendalikan dengan baik, angka positif harus turun atau melandai, kesembuhan harus naik diatas 60%, angka kematian serendah mungkin dibawah 2% karena treatment yang baik, dan pastikan kesiapan, kesetiaan sarana kesehatan untuk merawat pasien covid,”tandasnya.

Sambil paralel dengan itu siapkan skenario pemulihan ekonomi, pintanya, terutama memperkuat pendapatan asli daerah dengan dukungan potensi SDA yang ada.

“Bersama jajaran Kemendagri mengucapkan selamat ulang tahun ke – 18 Kab Konsel, semoga diberikan keberkahan dan kemudahan oleh Allah SWT dalam rangka membangun Konawe Selatan yang lebih maju dan lebih sejahtera,” pungkasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button