Konawe Selatan

Menguntungkan, Warga Konsel ini Pilih Bertani Nilam

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Tanaman Nilam kian diminati para petani di Konawe Selatan (Konsel Sulawesi Tenggara (Sultra).

Tentu saja karena keuntungan yang menggiurkan. Dari menanam Nilam para petani bisa untung empat juta sampai puluhan juta rupiah.

Amin (48) tahun, warga asal Desa Tetesingi kecamatan Mowila Kabupaten Konsel, beralih pekerjaan menjadi petani Nilam, tingginya keuntungan yang ia dapatkan menjadi alasan utama ia meninggalkan pekerjaan sebelumnya sebagai buru bangunan proyek.

Ia kini tengah sibuk menanam Nilam Bahkan belum lama ini ia sudah mendapatkan hasil penen senilai Rp4 juta.

“Saya menjadi kuli bangunan sudah berpuluh-puluh tahun sekarang fokus menanam Nilam. Tapi saya juga masih menjalankan pekerjaan sebagai kuli, sambil menunggu Nilam saya siap panen,” kata dia saat ditemui di kediamannya Selasa (13/7/2021).

Amin mulai mencoba membudidayakan Nilam sejak awal 2020. Saat itu ia langsung menanam Nilam dengan jumlah banyak dengan luas tanah satu hektare.

“Awal pertama saya asal tanam kemudian saya tinggalkan. Saya kan juga belum pengalaman, kata orang cukup ditanam nanti bisa hidup yang penting selalu dibersihkan dari rumput liar,” ungkap dia.

Saat menanam Nilam kali pertama, ia mencoba menanam Nilam dibelakang Rumahnya. Setelah dipanen, menghasilkan 18 Karung dengan minyak berjumlah 7 kilo gram.

Diketahui Nilam adalah salah satu tanaman yang sering ditemui di daerah Asia dan memiliki banyak manfaat. Nama lain dari Nilam adalah Pogostemon cablin. Nilam sendiri sering ditemui di Indonesia, daunnya dimanfaatkan untuk pembuatan minyak wangi hingga obat tradisional yang kaya akan manfaat.

Tinggi Nilam biasanya di antara 500 sampai dengan 1000 centimeter. Memiliki banyak cabang berbulu di sekitar batangnya. Batangnya sendiri terbilang cukup besar yaitu sekitar 20 cm dengan barna batang biru keunguan. Ciri lain dari tanaman Nilam adalah sering tumbuh di daerah yang dingin atau berada di kisaran 24 sampai dengan 28 derajat selsius.

Bagian dari tanaman Nilam yang sering digunakan adalah bagian daunnya. Daun Nilam biasanya digunakan sebagai bahan dalam menghasilkan minyak nilam atau minyak atsiri. Selain populer di dalam negeri, minyak nilam juga sering digunakan untuk pembuatan minyak wangi hingga dupa di luar negeri khususnya di kawasan timur.

Selain digunakan untuk membuat minyak nilam yang berfungsi untuk pengharum. Nilam ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk hal lain dalam dunia kesehatan. Daun Nilam dapat direbus dan bisa dikonsumsi air rebusannya untuk mengobati berbagai penyakit. (bds)

Reporter: Erik Lerihardika
Editor: Via

Komentar

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button