Konawe Selatan

Kembali Nakodai Kadin Konsel, Adi Jaya Putra Bilang Ini

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melaksanakan Musyawarah Kabupaten (Muskab) III, dengan pemilihan Ketua dan pengurus periode 2021-2026, (Selasa (28/12/2021).

Dalam pemilihan tersebut, Adi Jaya Putra (AJP) kembali menakodai Kadin Konsel periode 2021-2026. Yang sebelumnya periode 2016-2021.

Sekertaris Daerah (Sekda) Konsel, Sjarif Sajang mewakili Bupati,  mengatakan berdasarkan UU No 1 Tahun 1987, Kadin merupakan satu satunya organisasi yang mewadahi pengusaha, khususnya pengusaha lokal.

“Hal itu juga yang menjadi landasan organisasi, AD/ART kadin yang disahkan melalui Keppres RI No 17 Tahun 2022,” terangnya.

Sebagai wadah pengusaha, saatnya Kadin Konsel giat membantu, membangun dan meletakkan perekonomian bangsa melalui peran aktif pengusaha lokal dalam dunia investasi.

Khususnya sebut dia, pada sektor pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan, pariwisata serta pertambangan.

“Kondisi perekonomian Konsel secara potensial sangat menarik bagi dunia investasi pada semua sektor, maka pengusaha lokal harus bisa bermitra dan mengambil peran dalam investasi tersebut, sehingga tidak hanya menjadi penonton di daerahnya sendiri,” ucapnya

Katanya Kadin sebagai mitra pemerintah, dapat berperan melalui sinergi pemulihan ekonomi. Untuk menentukan sektor usaha mana perlu dimaksimalkan atas dasar prinsip inklusif dan kolaboratif

“Optimalisasi peran Kadin selaku mitra strategis pemerintah sangat dibutuhkan dalam mensukseskan pembangunan ekonomi dimasa pandemi covid-19, sehingga berharap terjadi percepatan pertumbuhan ekonomi di Konsel, Dan melalui Muskab terpilih pengurus baru yang amanah dan pro aktif mendukung seluruh program pembangunan,” terangnya.

Sementara itu, AJP mengatakan, Muskab ini merupakan momentum merevitalisasi pengurus dalam menyusun program kerja baru untuk periode berikutnya, khususnya bersinergi bersama Pemerintah Daerah dalam pengembangan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Tentunya penentuan arah kebijakan baru dan program kemitraan strategis, seluruhnya bisa berjalan setelah pengukuhan serentak oleh Kadin Provinsi nantinya.

“Kita berharap kita semakin berkembang dan kemitraan dengan pelaku usaha bisa berjalan baik sekaligus menjadi mitra strategis pemerintah dalam memajukan daerah pada semua sektor,”tandasnya

Sebagai informasi, kegiatan Muskab III Kadin Konsel dihadiri Ketua DPRD Irham Kalenggo, Anggota DPRD Tasman Lamuse, Ketua OKK Kadin Sultra M Syawal Rigay dan para pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel.

 

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button