Konawe Selatan

Kartini Milenial Asal Konawe Sulawesi Tenggara Suskes Jadi Pebisnis Fashion di Banjarmasin

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COMHari Kartini yang diperingati setiap 21 April selalu jadi momen untuk mengenang jasa R.A Kartini sebagai tokoh pejuang emansipasi wanita di Indonesia.

Karena jasanya yang menyamaratakan derajat kaum hawa dan kaum adam, kini banyak sosok Kartini yang juga terjun dalam bisnis. Sosok itu sebut saja, wanita bernama Hj Muliani Alif Lakoreasa. Dia lahir 11 November 1983 di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Tidak banyak yang tahu bahwa dia sekarang menjadi seorang pebisnis fashion yang sukses saat ini. Bukan sukses di tanah kelahirannya, tetapi wanita berumur 39 tahun sukses di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ditemui dalam acara pertemuan gabungan Persatuan Istri Karyawan Karyawati (PIKK) UPDK Kendari di Kantor PLN Kendari membahas Kartini milenial, Muliani membeberkan awal mulai menggeluti bisnis fashion hingga sukses.

Muliani memulainya pada tahun 2018 lalu, berawal dari hobi belanja. Merasa hobinya adalah sebuah penyakit, yang dapat menguras isi dompetnya, sehingga ia berinisiatif untuk mengubahnya.

“Penyakit, karena boros, suka belanja. Meskipun tak dipake dibeli. Saya pikir penyakit ini harus saya sembuhkan,” kata dia, Minggu (24/4/2022).

Setelah memutar otak, akhirnya ia memutuskan untuk merintis bisnis di dunia fashion. Mulai dari mendesain corak hingga mengurus pegemasan produk.

Diliatnya begitu mudah, tapi menurutnya menjalani dan mengawali sebuah usaha itu apalagi di daerah lain, tidak begitu mudah. Banyak hal yang dilalui hingga harus berlinang air mata.

Seiring berjalannya waktu, bisnis fashion Muliani mulai naik daun pada 2021. Penjualan produk Donna telah terjual hingga ke Sydney Australia.

“Menjadi enterpreneur bukan hanya karena kita punya duit, mental harus kuat. Saya untuk sampai ke titik ini tidak mudah, ada air mata. Jadi jika ingin menjadi sukses butuh usaha dan kerja keras yang lebih,” katanya.

Meski telah sukses, dia tidak mengabaikan kodratnya sebagai wanita atau ibu dalam keluarga. Olehnya ia menjadi inspirasi bagi wanita Indonesia atau disebut Kartini milenial.

Sebab, menurutnya perempuan yang hidup di era milenial harus tetap menjadi inspirasi baik diri sendiri maupun orang lain.

“Kita perempuan bukan semata hanya jadi seorang ibu, banyak hal yang dilakukan tapi tidak lepas dari kodrat perempuan. Saya berkarya tapi tidak meninggalkan pekerjaan mengurus keluarga,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Muliani memiliki nama usaba Donna Scarves, Donna Turu, Donna Prive dan Mikaku. Jenis fashion yang dijualnya mulai sepatu, sendal, pakaian hingga jilbab.

Adapun harga produk Donna dibanderol  mulai dengan harga Rp150ribu hingga Rp10 juta. (bds*)

 

Reporter: Sunarto
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button