iklan


iklan
Konawe Kepulauan

Jalan di Konkep Rusak Parah, Masyarakat Harap Pemerintah Segera Turun Tangan

PLAY

KONAWE KEPULAUAN, DETIKSULTRA.COM –  Beberapa bulan terakhir, sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) rusak parah. Kondisi jalan yang mengalami kerusakan ini terletak di Desa Bobolio dan Desa Wawoosu Baru, Kecamatan Wawonii Selatan. Kerusakan ini diperparah karena cuaca memasuki musim hujan.

Ruas jalan tersebut hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat tertentu yang memiliki daya jelajah tinggi. Selebihnya, kendaraan lain tidak dapat menembus medan.

Akibatnya mobilitas masyarakat baik dari Ibu Kota Kabupaten Konkep di Langara yang ingin bepergian ke Kecamatan Wawonii Tenggara maupun sebaliknya harus memutar jauh melalui empat kecamatan sekaligus. Diantaranya Wawonii Timur, Wawonii Timur Laut, Wawonii Utara, dan Wawonii Barat, yang memakan waktu berjam-jam.

Wadu, salah satu warga Desa Bobolio, Kecamatan Wawonii Selatan mengatakan bahwa kondisi jalan di desanya, memang sudah berbulan-bulan mengalami kerusakan yang sangat parah. Karena kerusakannya, ia secara pribadi mengaki sudah tak pernah berpergian ke Ibu Kota Konkep di Langara. Mengingat akses jalannya tidak memadai untuk dilalui kendaraan.

“Kita lihat sendiri mi Pak, sudah lama jalan desa kami rusak parah hingga hampir tidak ada kendaraan yang berani melintas. Apalagi kalau hujan, pasti semua kendaraan tenggelam dalam lumpur,” ucapnya kepada Detiksultra.com, Selasa (24/8/2022).

Hal yang sama diungkapkan oleh Sultan, warga Desa Wawoosu Baru, Kecamatan Wawonii Selatan. Dirinya mengatakan, dua desa tersebut sudah beberapa bulan belakangan rusak.

Dia mengakui, jalan tersebut hanya dapat dilalui kendaraan roda dua, meski harus berjibaku dengan kondisi licinnya jalan. Ditambah lumpur tebal bercampur bebatuan tajam.

“Kendaraan roda empat bisa lewat, tapi hanya beberapa saja seperti mobil 4×4,” bebernya.

Dengan kondisi seperti ini, Sultan berharap pemerintah segera turun tangan memperbaiki jalan di desanya, agar akses kembali lancar.

“Ya kita harap pemerintah segara perbaiki. Supaya kita ndak jauh-jauh lagi melingkar kalau mau ke Langara,” harapnya.

Dibubungi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Konkep, Harsin Abd Rahim menjelaskan, bahwa memang kondisi jalan di ruas Desa Bobolio dan Desa Wawouso Baru saat ini rusak.

“Dari bulan April sampai Agustus hujan mulai mengguyur Konkep, ditambah lagi kontur tanah di ruas itu jika musim panas kondisinya padat, tapi jika di musim hujan kembali berlumpur,” katanya, Jumat (26/8/2022).

Menurut pengakuannya, jalan yang berstatus jalan provinsi itu akan dilakukan perbaikan. Hanya saja, menurutnya percuma diperbaiki bila masih dalam kondisi musim penghujan.

“Kami dari dinas menunggu cuaca panas baru kita lakukan pemeliharaan jalan di ruas Bobolio-Wawouso,” jelasnya.

Dia menambahkan, tahun 2023 ruas jalan tersebut akan ditangani oleh Balai Jalan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Jalan tersebut kami sudah masukkan jalan strategis nasional,” pungkasnya. (bds)

 

Reporter: Sunarto
Editor: Wulan Subagiantoro

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button