KolakaRamadhan

Pedagang Kelapa Muda Banjiri Kolaka di Bulan Ramadan

PLAY

KOLAKA, DETIKSULTRA.COM – Setiap bulan ramadan tiba, penjual kelapa muda dadakan meramaikan sudut-sudut jalan di Kabupaten Kolaka. Ramainya pedagang kelapa muda, membuat trotoar yang seharusnya menjadi tempat bagi pejalan kaki, malah digunakan untuk berjualan.
Pemandangan seperti ini selalu sama setiap tahunnya, dan mungkin terjadi pula di daerah lain. Seperti di Kabupaten Kolaka, banyaknya para pedagang kelapa muda ini dapat ditemui di sepanjang Jalan Pemuda hingga jalan arah ke Pasar Raya Mekongga.
Salah seorang pembeli kelapa muda, Ani, mengatakan, ramainya pedagang kelapa muda memudahkan baginya saat membutuhkan kelapa muda untuk kebutuhan berbuka puasa.
Harga kelapa muda perbijinya, bervariasi antara Rp7.500 hingga Rp8.500. Menurut salah seorang pedagang kelapa muda musiman, Mansur, selama bulan ramadan, dia bisa menjual ratusan biji kelapa muda.
“Kelapa ini saya ambil di Kolaka Timur dengan harga perbijinya 2.500 rupiah. Ditambah ongkos panjatnya,10.000 rupiah perpohon. Selama ini alhamdulillah pembeli kelapa muda di tempat saya cukup banyak semenjak bulan puasa ini,” katanya.
Keuntungan dari hasil penjualan kelapa muda ini, tambah Mansur, dalam sehari, dia bisa mendapatkan Rp150 ribu. Jumlah ini lebih sedikit dibanding tahun lalu, dimana keuntungan yang diperolehnya mencapai Rp200 ribu perhari, bahkan bisa lebih dari itu. Mungkin akibat makin banyaknya penjual kelapa muda di Kolaka, yang tentu saja membuat persaingan dalam merebut pembeli, semakin ketat pula.
Reporter: Yus
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button